Rapat Tahunan BKS PTN Sepakat Dukung Palangka Raya Jadi Ibu Kota Negara

Ketua BKS PTN wikayah Barat Prof Dr Syafsir Akhlus MSc menyerahkan naskah Deklarasi Palangka Raya kepada Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, yang berisi kesepakatan 30 Rektor PTN Wilayah Barat untuk memdukung Kota Palangka Tayaenjadi Ibu Kota Perintahan RI, Jumat (11/01/2019) sore.

PALANGKA RAYA – Seluruh peserta Rapat Tahunan XXXIX Rektor Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Indonesia wilayah Barat (BKS PTN – Barat) yang diselenggarakan di Universitas Palangka Raya (UPR) tanggal 10-12 Januari 2019, menyepakati tiga poin penting terkait Kota Palangka Raya sebagai calon Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia (RI).

Kesepakatan itu dinamakan “DEKLARASI PALANGKA RAYA” dan ditandatangani oleh 30 Rektor PTN Wilayah Barat Indonesia, di Aula Rahan Rektorat UPR, Jumat (11/1/2019) sore.

Tiga poin deklarasi dimaksud, yakni sepakat mendukung rencana pemindahan Ibu Kota Pemerintahan RI dari Jakarta ke Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Peserta rapat juga mengapresiasi dan mendukung hasil kajian Kementerian PPN/Bappenas yang akan digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan pemindahan Ibu Kota Negara RI.

Selanjutnya, berkomitmen untuk memberikan bahan-bahan pertimbangan berupa kajian akademik dalam rangka penetapan kebijakan pemindahan Ibu Kota Negara RI dimaksud.

Tiga poin kesepakatan itu dibuat dalam bentuk rekomendasi khusus yang diserahkan oleh Ketua BKS PTN – Barat Prof Dr Syafsir Akhlus MSc kepada Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi. Selanjutnya Rektor UPR membacakan rekomendasi itu di hadapan seluruh peserta rapat.

Rapat Tahunan Rektor BKS PTN – Barat ini dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor dari 30 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Pengurus BKS PTN Wilayah Indonesia Bagian Barat.(redaksi)

Berita Terkait