Ratusan Mahasiswa Ikuti Kuliah Umum K3

Ratusan Mahasiswa Fakultas Teknik dari berbagai perguruan tinggi mendengarkan kuliah umum yang disampaikan Direktur BPJK Kementerian PUPR Ir Sumito, beberapa waktu lalu.

 

PALANGKA RAYA – Ratusan mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Palangka Raya (UPR), Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP), dan Universitas Kristen Palangka Raya (Unkrip), mengikuti kuliah umum. Narasumber dalam kegiatan tersebut, Direktur Bina Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Kememterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir Sumito.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium FT UPR berlangsung 5 Desember 2018. Kegiatan merupakan hasil kerjasama antara FT UPR dengan Balai Besar Pengelolaan Jalan (BBPJ) wilayah V Banjarbaru. Sedikitnya 400 orang mahasiswa menjadi peserta kegiatan.

Dekan Fakultas Teknik UPR Ir Waluyo Nuswantoro MT mengungkapkan, kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, serta pemahaman mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bidang konstruksi. Selain itu, memberikan informasi pentingnya K3 dalam pekerjaan bidang kontruksi.

“Kami ingin mahasiswa yang bekerja di bidang kontruksi paham bagaimana penerapan K3,” ungkap Waluyo, Rabu (19/12).

Penerapan K3, jelas Waluyo, penting untuk pekerja bidang kontruksi. Apalagi mahasiswa teknik merupakan cikal bakal tenaga kerja pada perusahaan bidang kontruksi. Dengan pemahaman yang diberikan, paling tidak ketika bekerja mampu melindungi diri dengan mengacu pada K3 yang diterapkan pemerintah.

Selain kuliah umum, jelas Waluyo, mahasiswa disosialisasikan terkait pelaksanaan Pelatihan Jarak Jauh, atau DL-SIBIMA (Distance Learning – Sistem lnformasi belajar lntensif Mandiri Bidang Konstruks). Artinya mahasiswa yang ingin ikut pelatihan, tidak perlu datang ke daerah tertentu.

“Cukup di Palangka Raya, mahasiswa sudah bisa mendapatkan ilmu pengetahuan melalui sistem DL-SIMIBA,” tegas Waluyo.(redaksi)

Berita Terkait