Rektor Ajak Civitas Akademika UPR Tingkatkan Akreditasi

Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi didampingi seluruh Wakil Rektor berdiskusi dengan seluruh Dosen, dan Tenaga Pendidik, untuk menyusun program pengembangan kampus kedepan, Selasa (15/01/2019).

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya Dr Andre Elia SE. M,Si mengajak seluruh civitas akademika yang ada di universitas tersebut untuk bersama-sama meningkatkan akreditasi.

“Kalau mengharapkan pimpinan, tentu sulit akan terwujud. Untuk meningkatkan akreditasi harus menjadi tanggung jawab kita semua,” kata Rektor UPR saat pertemuan dengan dekan hingga desen, di Aula Rahan Lantai 2 Rektorat UPR, Selasa (15/01/2019).

Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah itu menargetkan ada lima dari delapan fakultas di Universitas Palangka Raya dapat meraih akreditasi A.

“Anggaran untuk peningkatan akreditasi ini telah disiapkan. Saya berharap seluruh civitas akademika dapat bersama-sama mewujudkan hal ini,” kata Rektor.

Untuk diketahui, akreditasi merupakan penentuan mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi). Akreditasi dapat diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Pada pembukaan buku naskah akademik akreditasi institusi perguruan tinggi, dijelaskan bahwa akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

Landasan dari akreditasi sebuah intitusi pendidikan yakni Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 60 dan 61). Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen (Pasal 47) Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pasal 86,87, dan 88). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 28 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

“Akreditasi merupakan persoalan penting, untuk mewujudkan UPR bermartabat. Melalui akreditasi yang bagus, UPR akan semakin dilirik masyarakat. Bahkan tidak menutup kemungkinan, orang yang ingin melanjutkan kuliah di UPR, akan semakin banyak,” kata Rektor.(redaksi)

Berita Terkait