Rektor Himbau Mahasiswa Bisa “Menularkan” Pengetahuannya

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Semua aspek kehidupan tergantung dari pendidikan, itulah pesan yang kembali disampaikan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia, S.E.,M.Si untuk mahasiswanya yang saat menggelar KKN Tematik melalui awak media melalui pesan WA, Rabu (24/03/2021).

Pesan yang sama juga disampaikan pria dengan julukan macan kalimantan ini saat menyampaikan materi dalam kegiatan kepemudaan melalui daring dengan tema Sekolah Kader Pemuda Mahaga Lewu pada Minggu 21 Maret 2021.

“Saya berharap mahasiswa sudah memahami makna inti dari Tri Darma Perguran Tinggi. Yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk mahasiswa yang sedang KKN diharapkan bisa menerapkan hal tersebut. Terlebih dalam pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Dijelaskan bahwa dalam rangkaian pengabdian ke masyarakat, mahasiswa tidak harus melakukan hal yang besar dan sulit, namun mahasiswa bisa menularkan ilmu pengetahuanya kepada masyarakat. Seperti memberi pengajaran kepada anak-anak yang masih sulit untuk mendapatkan haknya untuk mendapatkan pendidikan.

“Harapannya tidak hanya saat KKN atau praktek lapangan, namun tetap membawa Tri Darma Perguruan Tinggi dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Andrie Elia juga mengingatkan kembali kepada seluruh Civitas UPR, bahwa ilmu yang bermanfaat tentunya bukan hanya ilmu yang disimpan untuk diri sendiri atau sekedar disimpan dalam pikiran kita, melainkan ilmu yang diamalkan sesuai fungsinya dan memberikan manfaat untuk orang banyak.

“Akan menjadi percuma jika ilmu yang kita miliki menjulang setinggi langit, namun tidak memberikan dampak perubahan yang signifikan untuk masyarakat,” tutupnya. (Rul)

Berita Terkait