136 Mahasiswa Ramaikan Peksima UPR 2019

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Salampak MS, dan sejumlah pejabat UPR, memukul katambung tanda dibukanya Peksima UPR 2019, Jumat (29/11/2019).

PALANGKA RAYA – 136 mahasiswa di lingkungan Universitas Palangka Raya (UPR), turutserta meramaikan Pekan Seni Mahasiswa (Peksima) UPR 2019.

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, sewaktu membuka Peksima UPR 2019, di Aula Rahan UPR, Jumat (29/11/2019), mengatakan, di era Revolusi Industri 4.0, mahasiswa harus bisa merefleksikan seni dalam setiap sendi kehidupan, menggunakan media digital yang berkembang saat ini.

“Dengan perkembangan teknologi saat ini, dimanapun kita berada bisa mengetahui kondisi dunia seketika itu juga. Selain itu, bisa menjalin komunikasi denhan siapa saja dan di mana saja,” ujarnya.

Pasalnya, lanjut Dr Andrie Elia SE MSi, sejak orang dilahirkan hingga berpulang, setiap harinya selalu dipenuhi dengan dunia kesenian, baik itu seni menulis, melukis, dan lain-lain.

Karenanya, dia juga mempertanyakan Jurusan Seni, Drama, Tari, dan Musik (Sendratsik), FKIP, UPR, sepi peminat. Padahal, seniman apa saja statusnya selalu dibutuhkan, atau tidak hanya berorientasi menjadi seorang ASN.

“Justru mahasiswa harus mengimplementasikan seni melalui bidang keilmuannya, menjadi sumber lapangan kerja bagi orang lain. Sehingga alumni mahasiswa bukan sebagai pengangguran, tetapi bisa menciptakan lapangan kerja,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan Peksima UPR 2019 yang dilaksanakan 25 Nopember sampai dengan 1 Desember 2019, diikuti 136 mahasiswa.

Jumlah tersebut, terdiri dari solo putra 16 mahasiswa, solo putri 14 mahasiswa, baca puisi putra 7 mahasiswa, baca puisi putri 20 mahasiswa, dan fotografi 4 mahasiswa.

Kemudian, komik strip 9 mahasiswa, penulisan lakon 21 mahasiswa, serta tari terdiri dari 4 tim dengan jumlah 45 mahasiswa.

Sementara mahasiswa yang lolos dalam Peksima UPR 2019, akan mewakili UPR ke Pekan Mahasiswa Daerah, dan selanjutnya ke Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas). (red)

 

Berita Terkait