3.826 Peserta Ikuti PKKMB UPR

Perpeloncoan dan Intimidasi Dilarang

Ribuan mahasiswa baru padati Aula Palangka UPR untuk mengikuti kegiatan PKKMB UPR 2019, Rabu (14/8/2019).

PALANGKA RAYA – Sebanyak 3.826 mahasiswa baru memadati Aula Palangka, Universitas Palangka Raya (UPR). Ribuan mahasiswa itu berkumpul untuk mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UPR, Rabu (14/8/2019).

Wakil Rektor Bidang Akademik UPR Prof Dr Ir Salampak MS, mengatakan, kegiatan PKKMB berbeda dengan pola kegiatan sebelumnya. Karena saat ini, kegiatan mahasiswa baru lebih banyak pada kegiatan pengenalan kampus, kegiatan akademik, organisasi dan kemahasiswaan.

“Tema yang diusung dalam kegiatan PKKMB ini, yaitu Mahasiswa Baru Saudaraku. Artinya, mahasiswa baru adalah saudara bagi rekan-rekan angkatan lamanya, serta tidak ada aktivitas perpeloncoan maupun intimidasi,” ujarnya.

Dengan kata lain, lanjut Salampak, kegiatan PKKMB merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi mahasiswa baru, untuk mempersiapkan diri menempuh pendidikan di Universitas Palangka Raya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia PKKMB UPR 2019 Frasisco SH LLM menambahkan, 3.826 mahasiswa itu terdiri dari mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang belum mengikuti kegiatan serupa pada tahun sebelumnya.

Sementara kegiatan yang dilaksanakan, menyesuaikan dengan petunjuk dan pedoman dari Kemenristekdikti, ditambah dengan materi yang disesuaikan dengan program UPR dan fakultas masing-masing.

“Kegiatannya sendiri dilaksanakan selama tiga hari. Untuk tingkat universitas satu hari dan tingkat fakultas selama dua hari, serta mahasiswa ini diwajibkan mengikuti upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Rektorat, 17 Agustus 2019 nanti, dan malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan inagurasi,” tutup Frasisco. (il/red)

Berita Terkait