Apa Itu UTBK?

PALANGKA RAYA – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah sebuah ujian masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan secara elektronik menggunakan perangkat komputer. Penyelenggaranya oleh sebuah lembaga tes bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dibentuk oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Data yang dihimpun uprjayaraya.com dalam beberapa kali sosialisasi UTBK oleh tim dari Universitas Palangka Raya (UPR) di wilayah Provinsi Kalteng, beberapa waktu lalu, ujian ini sifatnya wajib diikuti bagi setiap calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN 2019).

Terdapat dua jenis tes yang tersedia, yakni kelompok Sains dan Teknik (Saintek) dan Sosial Humaniora (Soshum).
Setiap peserta bisa mengikuti tes sebanyak dua kali, baik di jenis yang sama maupun berbeda, dengan membayar Rp200.000 untuk sekali tes. Pembayaran biaya tes tersebut dilakukan melalui bank yang telah ditunjuk.
Masing-masing jenis tes terdiri dari dua aspek soal. Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA).

TPS mengukur kemampuan peserta dalam hal pengetahuan umum dan kognitif. Sementara TPA menguji penguasaan peserta akan materi pelajaran yang sudah didapat semasa sekolah, sesuai dengan jenisnya masing-masing (Saintek atau Soshum).
Soal TPA untuk Saintek terdiri dari matematika saintek, biologi, fisika, dan kimia.
Sedangkan TPA Soshum terdiri dari matematika soshum, ekonomi, geografi, sejarah, dan sosiologi.

Tes ini berfungsi untuk memprediksi kemampuan calon mahasiswa ketika di kampus nantinya, apakah bisa menyelesaikan studi dengan tepat waktu atau tidak.(mz/redaksi)

Berita Terkait