Aset UPR akan Dibukukan

Dr Harin Tiawon

PALANGKA RAYA – Bidang Pengembangan Aset Universitas Palangka Raya (UPR) berencana membukukan keberadaan aset di universitas tersebut.

Direktur Pengembangan Aset, UPR Dr Harin Tiawon mengatakan, pembukuan aset tersebut akan dilakukan setelah keberadaan aset UPR diinventarisasi dan dievaluasi.

“Hal ini kami lakukan agar seluruh civitas akademika di Universitas Palangka Raya mengetahui keberadaan aset. Bahkan pihak luar jika berkunjung ke UPR, dapat mengetahui keberadaan aset kita,” kata Harin kepada uprjayaraya.com, Kamis (18/4/2019).

Untuk diketahui, saat ini Bidang Pengembangan Aset UPR telah membentuk tim inventarisasi dan evaluasi aset di lingkup universitas tersebut. Tim ini berjumlah sekitar 50 orang.

Tim ini melakukan beberapa tugas di antaranya melakukan inventarisasi aset potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Tim nantinya melakukan inventarisasi aset, di antaranya kantin, aula serbaguna, GOR, tanah dan bangunan atau gedung yang disewakan,” kata dia.

Kemudian tim tersebut melakukan sensus sarana dan prasarana (sarpras) serta aset di lingkup UPR.

“Tim ini nantinya melakukan sensus terhadap aset yang tidak bergerak, seperti tanah, gedung dan bangunan, jalan, jembatan irigasi dan jaringan. Kemudian ada aset bergerak,” sebutnya.

Selain itu, tambah Harin, tim ini akan melakukan evaluasi dan pemanfaatan aset. Nantinya akan dipetakan mana saja yang berpotensi menjadi PNBP. (yfd/red)

Berita Terkait