BIMP-EAGA Tawarkan Berbagai Kerja Sama dengan UPR

Wakil Rektor Bidang Hukum, Organisasi, SDM dan Kemahasiswaan UPR Prof Dr Suandi Sidauruk MPd saat menerima kunjungan CEO BIMP-EAGA Pangeran Yura Kesteria PSN Haji Md Yusuf dan rombongan, Kamis (4/4/2019).

PALANGKA RAYA – Brunei, Indonesia, Malaysia, and Philippines East Growth Area (BIMP-EAGA) melalui perusahaan konsorsiumnya di wilayah Kalimantan Tengah, PT Usaha Bumi Persada (UBP), menawarkan berbagai kerja sama dengan Universitas Palangka Raya (UPR).

Penawaran kerja sama itu disampaikan langsung CEO BIMP-EAGA Pangeran Yura Kesteria PSN Haji Md Yusuf kepada Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi melalui Wakil Rektor Bidang Hukum, Organisasi, SDM dan Kemahasiswaan Prof Dr Suandi Sidauruk MPd dalam pertemuan di Ruang Rapat Rektorat UPR, Kamis (4/4/2019).

Salah satu kerja sama yang ditawarkan, yakni membantu Fakultas Kedokteran (FK) UPR mengembangkan budidaya obat herbal dari tanah Kalimantan. BIMP-EAGA juga akan membangun sebuah Rumah Sakit Internasional terletak di lingkungan UPR seluas sekitar 7 hektar.

“Ini peluang investasi yang sangat besar. Karena empat negara bersama membangun Kalteng. Apalagi Kalteng merupakan provinsi yang besar, dan memiliki kawasan hutan yang mempunyai potensi obat-obatan herbal yang bisa dikembangkan,” sebut Yura.

Tidak itu saja, dalam kunjungan di Palangka Raya ini, dia juga melihat adanya potensi besar tumbuhan Karamunting yang bisa diteliti untuk dijadikan obat herbal.

Bahkan, pihaknya menawarkan adanya kerja sama penelitian antara UPR melalui Pusat Studi Pengembangan Obat Herbal dengan BIMP-EAGA.

“Kita harus segera buat MoU sebagai tindak lanjut kerja sama ini. Tentunya melalui MoU itu, berbagai pendanaan yang diperlukan bisa segera dicairkan,” jelasnya.

Di tempat sama, Wakil Rektor Bidang Hukum, Organisasi, SDM dan Kemahasiswaan Prof Dr Suandi Sidauruk MPd, mengucapkan terima kasih atas kunjungan  CEO BIMP-EAGA Pageran Yura Kesteria PSN Haji Md Yusuf beserta rombongan ke UPR.

Diharapkan melalui kunjungan itu, akan banyak hal yang dapat dikerjasamakan antara UPR dengan BIMP-EAGA, khususnya menuju UPR Jaya Raya seperti yang dicita-citakan selama ini. (il/red)

Berita Terkait