BPH Migas Berencana Bangun Pipa Transmisi Gas Trans Kalimantan

Kepala BPH Migas Dr Ir M Fanshurullah Asa MT memberikan cinderamata kepada Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi usai pertemuan di ruang kerja rektor, Kamis (11/7/2019).

PALANGKA RAYA – Badan Pengatur Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) berencana membangun pipa transmisi gas Trans Kalimantan.

Untuk mewujudkan rencana pembangunan pipa transmisi gas Kalimantan di dalam Rencana Induk Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional ini, membutuhkan pembahasan yang komprehensif.

Kepala BPH Migas Dr Ir M Fanshurullah Asa MT mengatakan, panjang pipa gas antar provinsi bervariasi. Dari Provinsi Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan sekitar 522 kilometer.

Selanjutnya, dari Kalimantan Selatan ke Kalimantan Tengah sekitar 192 kilometer, dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Barat sekitar 1.018 kilometer.

“Saat ini proyek pembangunan pipa transmisi gas Trans Kalimantan belum dilelang,” kata Fanshurullah kepada uprjayaraya.com, Kamis (11/7/2019).

Ia menjelaskan, apabila pipa transmisi gas Trans Kalimantan ini terbangun, tentu dapat meningkatkan pertumbungan ekonomi tidak hanya di Kalimantan Tengah, namun di Kalimantan secara umum.

Rencana pembangunan pipa transmisi gas Trans Kalimantan ini dilakukan dalam rangka persiapan pemindahan Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia ke Kalimantan. (yfd/red)

Berita Terkait