Civitas Akademika UPR Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-91

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi saat memimpin upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-91 dihadiri ratusan mahasiswa, dosen, pimpinan fakultas, para wakil rektor dan sejumlah pejabat UPR di halaman Rektorat setempat, Senin (28/10/2019) pagi.

PALANGKA RAYA – Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019, digelar oleh Civitas Akademika Universitas Palangka Raya (UPR). Upacara yang dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas, para wakil rektor, dosen, pimpinan fakultas, dan ASN lainnya ini dilaksanakan di halaman Rektorat UPR, Senin (28/10/2019) pagi.

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi tampil sebagai pembina upacara dan membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Dalam amanatnya, Menpora mengungkapkan bahwa saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung invidualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media (medsos) berjalan real time 24 jam.

“Di sinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun, tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia. Saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,” kata Menpora.

Ditambahkan, gerakan revolusi mental menemukan relevansinya. Di mana dengan pembangunan karakter, kita bisa kuat, tangguh dan kokoh, ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia. Kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi. Tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekat dan semangat, dan tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” tegas Menpora.

Rangkaian upacara HSP Ke-91 di lingkungan UPR ini, Rektor juga berkenan menyerahkan penghargaan kepada empat mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UPR yang berhasil mendapatkan Medali Perak pada lomba tingkat internasional. Kegiatan dimaksud adalah World Invention Technology Expo (WINTEX) diselenggarakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) pada 9-12 Oktober 2019 di TMII, Jakarta.

Kemudian, penghargaan juga diberikan oleh Rektor UPR kepada Satpam setempat yang berkinerja baik.

Pada kesempatan tersebut, Rektor berpesan kepada mahasiswa dan para dosen UPR, agar menunjukkan sebaik-baiknya. Sehingga bisa membawa UPR memiliki daya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional. (mz/red)

Berita Terkait