Dosen UPR Dipercaya Sebagai Wakil Menteri LHK

Dr Alue Dohong

PALANGKA RAYA – Civitas Akademika di Universitas Palangka Raya (UPR) harus bangga. Pasalnya, dosen UPR bernama Dr Alue Dohong dipercaya sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK).

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi mengaku bangga karena dosen di universitas tertua dan terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah tersebut terpilih masuk di Kabinet Indonesia Maju membantu Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

“Beliau menjadi kebanggaan UPR dan masyarakat Kalimantan Tengah. Terlebih, beliau adalah alumni Fakultas Ekonomi Pembangunan yang sekarang disebut dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,” Rektor UPR, Jumat (25/10/2019).

Dia berharap, dengan adanya keterwakilan Kalteng dalam kabinet Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Joko Widodo-Ma’ruf Amin, dapat membawa aspirasi masyarakat Bumi Tambun Bungai di tingkat nasional.

“Beliau ini pribadi pekerja keras, nasionalis dan pemikir. Semoga dengan adanya beliau, Kalteng semakin berkah. Secara khususnya dalam pandangannya terhadap pengembangan ekonomi dan penanggulangan karhutla. Memang beliau bidangnya ekonomi pergambutan. Saya ucapkan selamat bekerja,” kata Rektor UPR.

Untuk diketahui, Presiden Indonesia Joko Widodo menunjuk Alue Dohong sebagai Wamen LHK. Alue Dohong akan membantu Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Kabinet Indonesia Maju.

Penunjukan Deputi Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut sebagai Wamen LHK disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Alue jadi wakil menteri ketujuh yang diperkenalkan Jokowi dalam sesi perkenalan. “Beliau putra Dayak, S2 di Inggris, S3 di Australia. Dan beliau sudah lama berkecimpung di Badan Restorasi Gambut,” ujar Jokowi, saat memperkenalkan Alue.

Pengalamannya di BRG dianggap sebagai bekal Alue dalam mengatasi masalah lingkungan hidup, seperti kebakaran hutan dan sebagainya.

“(Alue) akan membantu ibu Siti Nurbaya dalam pelestarian hutan dan alam kita,” kata Jokowi. (yfd/red)

Berita Terkait