Generasi Milenial Harus Punya Kompetensi Memadai

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi bersama Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin saat menjadi pembicara di acara Palangka Raya Job Fair di Aula Palangka UPR, Kamis (26/9/2019).

PALANGKA RAYA – Globalisasi yang melahirkan Industri 4.0 telah menghilangkan batas antar negara. Sehingga persaingan tidak hanya sesama warga negara, namun juga dengan warga negara asing.

“Untuk itu, kualifikasi dan kompetensi harus dimiliki generasi milenial Indonesia dan harus memadai. Pasar tenaga kerja saat ini sudah semakin banyak diisi oleh tenaga asing yang dipandang lebih memiliki kemampuan,” kata Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi saat menjadi pembicara di acara Palangka Raya Job Fair di Aula Palangka UPR, Kamis (26/9/2019).

Ia menjelaskan, untuk menjawab tantangan pada era Industri 4.0 ini, UPR terus melakukan pembenahan, di antaranya menyesuaikan kurikulum pendidikan dengan berpedoman terhadap KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) berdasarkan Pepres Nomor 08 Tahun 2012.

“KKNI merupakan perwujudan mutu, jatidiri Bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki Indonesia,” kata Rektor UPR.

Tidak hanya itu, UPR juga melakukan kerja sama antar lembaga baik lokal, nasional dan internasional. Di mana kerja sama tersebut dilakukan di berbagai bidang, di antaranya pertukaran mahasiswa dan alummi, magang dalam dan luar negeri, penerimaan pegawai jalur prestasi calon pemimpin pada Bank Mandiri.

Kemudian, UPR juga melakukan aktivitas KKN Tematik dan Kebangsaan. Dimana mahasiwa langsung diterjunkan langsung ke tengah-tengah masyarakat yang sesungguhnya untuk menggali potensi daerah, memberikan altenatif solusi atas masalah di masyarakat serta berinteraksi langsung dengan komponen masyarakat guna mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang didapat di bangku kuliah.

“UPR telah membentuk lembaga yang melakukan tracer study, pembinaan alumni dan pengembangan kompetensi mahasiswa dan alumni di bawah LP3MP,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, Wali Kota Palangka Raya Fairid Napirin dan sejumlah pejabat lainnya.(yfd/red)

Berita Terkait