Harus Konsisten Merealisasikan Pancasila

Upacara Peringatan Hari Pancasila di halaman Rektorat UPR beberapa waktu lalu.

PALANGKA RAYA – Seluruh masyarakat Indonesia harus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan bagi Bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Hariyono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPR Prof Dr Joni Bungai MPd saat peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Rektorat, UPR beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, masyarakat Indonesia harus bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

“Walaupun kita sebagai negera masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, namun harus diakui bahwa eksistensi keindonesian baik sebagai bangsa masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” kata Hariyono.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian harus terus diperjuangkan. Keberagamanan kehudupan masyarakat di Indonesia saat ini harus dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

“Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” sebutnya.

Ia menyebut, peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni bukan suatu yang terpisah dari momentum Piagam Jakarta oleh panitia kecil pada 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada 8 Agustus 1945.

Tiga peristiwa tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

“Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan pancasila secara simulan serta terus menerus,” demikian kata Hariyono. (yfd/red)

Berita Terkait