Ingin Kuliah di PTN Wajib Ikuti UTBK

Universitas Palangka kini siap menerima pendaftaran peserta UTBK yang dimulai 1 Maret 2019

PALANGKA RAYA – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai salah satu syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), akan dimulai besok, Jumat, 1 Maret 2019. Pendaftaran gelombang pertama ini berakhir pada 24 Maret 2019.

Sedangkan pendaftaran UTBK gelombang kedua akan dibuka dari 25 Maret sampai 1 April 2019.

Untuk diketahui, mulai tahun 2019 ini, persyaratan mendaftar SBMPTN adalah wajib mengikuti UTBK.

Mengutip laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), UTBK dapat diikuti siswa lulusan 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah atas yakni SMA/MA/SMK dan sederajat. Begitu juga untuk lulusan Paket C tahun yang sama.

Informasi yang didapat uprjayaraya.com, UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik. Hal ini untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

LTMPT membolehkan peserta melakukan lebih dari satu kali UTBK. Maksimalnya hanya dua kali tes. Hasil tes diberikan secara individu pada 10 hari setelah pelaksanaan tes.

Sementara, pantauan uprjayaraya.com di Rektorat Universitas Palangka Raya (UPR), sejak beberapa hari belakangan sudah dilakukan persiapan untuk menerima pendaftar UTBK.

Bahkan pada Selasa (26/2/2019) pagi, Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi melakukan pengecekan langsung kesiapan para petugas penerima pendaftar UTBK. Rektor UPR melakukan pengecekan ke semua ruangan yang di lingkungan rektorat setempat. (redaksi)

 

Berita Terkait