Ini Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru 2019/2020 di UPR

Sekarang ini banyak jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri, seperti SNMPTN, SBMPTN, SPMB, Jalur Mandiri dan lain-lain. Berikut kami sampaikan informasi penting khusus mengenai penerimaan mahasiswa baru di Universitas Palangka Raya (UPR).
UPR merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama dan tertua di Kalimantan Tengah yang didirikan pada 10 November 1963. Lokasi kampus UPR di Jalan Kampus Tunjung Nyaho Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia.

Fakultas, Jurusan dan Program Studi yang ada di UPR yaitu :

  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), terdiri dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni : S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Pendidikan MIPA : S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Fisika. Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan : S1 Pendidikan Teknik Mesin, S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Pendidikan IPS : S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), S1 Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ilmu Pendidikan : S1 Pendidikan Luar Sekolah, S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Teknologi Pendidikan, S1 Administrasi Pendidikan, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).
  • Fakultas Ekonomi (FE), terdiri dari S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Akuntansi.
  • Fakultas Pertanian (FP), terdiri dari S1 Agroteknologi, S1 Agribisnis, S1 Kehutanan, S1 Manajemen Sumberdaya Perairan, S1 Budidaya Perairan, S1 Teknologi Hasil Perikanan, S1 Ilmu Ternak.
  • Fakultas Teknik (FT), terdiri dari S1 Teknik Sipil, S1 Arsitektur, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Pertambangan.
  • Fakultas Hukum (FH), terdiri dari S1 Ilmu Hukum.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), terdiri dari S1 Sosiologi, S1 Administrasi Negara, S1 Ilmu Pemerintahan.
  • Fakultas Kedokteran (FK), terdiri dari S1 Pendidikan Dokter.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), terdiri dari S1 Fisika, S1 Biologi dan S1 Kimia.
  • Program Magister (S2), terdiri dari Manajemen, Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Ilmu Hukum.
Mahasiswa UPR saat mengikuti kegiatan di kampus setempat.

Dari sejumlah program studi yang ada di UPR tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UPR pada tahun ini.

Sebelum anda mendaftar, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur seleksi apa saja yang dibuka oleh Universitas Palangka Raya (UPR) untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. Berikut informasiya.

 

A. Pendaftaran UPR Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi didasarkan pada prestasi siswa terutama diilihat dari nilai raport dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan, baik di bidang akademik ataupun bidang non akademik.

Pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi kepada siswa-siswinya dengan mengisi data pendaftaran di pdss.snmptn.ac.id , kemudian siswa juga melakukan verifikasi data di alamat tersebut.

Setelah mendapatkan rekomendasi dan melakukan verifikasi data, selanjutnya proses pemeringkatan oleh panitia.

Tahap akhir yaitu siswa melakukan pendaftaran SNMPTN secara online melalui alamat web.snmptn.ac.id . Baca : Pendaftaran Web SNMPTN ac id.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, tahapan seleksi, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi menyaksikan penandatanganan naskah pelantikan pejabat eselon di lingkungan UPR.

B. Pendaftaran UPR Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa lulusan jenjang SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus tiga tahun terakhir termasuk di dalamnya lulusan tahun ini.

Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) untuk semua peserta. Sedangkan ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, biaya seleksi, daftar PTN, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

 

C. Pendaftaran UPR Jalur UMB-PT

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

UMB-PT ini merupakan salah satu dari jenis seleksi yang diselenggarakan oleh P-SPMBN. Seleksi jenis lainnya yaitu UMB-PTS dan satu jenis tes yaitu TPBI.

Untuk proses pendaftaran UMB-PT dapat dilakukan secara online melalui penerimaan.spmb.or.id . Panduan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal, biaya, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran SPMB Online atau Pendaftaran UMB-PT.

Info Penting!!!
Pada tahun lalu jalur UMB-PT tidak dibuka. Untuk tahun ini apakah dibuka atau tidak silahkan tanyakan di kampus anda.

 

D. Pendaftaran Bidikmisi UPR

UPR adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswanya yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Bantuan dimaksud yaitu Bidikmisi.

Dengan adanya Bidikmisi ini, maka diharapkan calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu tetap bersemangat tinggi untuk kuliah tanpa harus memikirkan bayaran biaya kuliah.

Proses pendaftaran Bidikmisi dimulai oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswanya. Setelah direkomendasikan, maka akan mendapatkan kode akses pendaftaran yang dapat digunakan untuk login pendaftaran siswa.

Siswa mendaftar Bidikmisi melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, kemudian pilih menu siswa. Login menggunakan kode akses dari Kepala Sekolah.

Bidikmisi yang dapat dipilih yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila dibuka, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran Bidikmisi.

Mahasiswa UPR mengadakan pertemuan dengan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

E. Pendaftaran SMMPTN Barat

UPR adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Wilayah Barat (SMMPTN Barat). Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke UPR, maka bisa mengikuti seleksi jalur ini.

Silahkan baca selengkapnya : Pendaftaran SMMPTN Barat

 

F. Pendaftaran Pascasarjana UPR

UPR kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat untuk kuliah jenjang Pascasarjana di UPR, silahkan daftarkan diri anda dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran mahasiswa baru UPR (Universitas Palangka Raya). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat melengkapi informasi anda sebelumnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.(mz/dikutip dari www.upr.ac.id)

Berita Terkait