Inilah Materi yang Diuji dalam UTBK

Ilustrasi ujian masuk perguruan tinggi

PALANGKA RAYA – Materi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk perguruan tinggi, terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang dirancang untuk memprediksi peserta mampu menyelesaikan studinya di Perguruan Tinggi.

TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Yang akan diuji dalam TPS adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacan dan menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris.

Tes Kompetensi Akademik (TKA) adalah untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan agar seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Untuk itu, penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Untuk kelompok ujian Sain dan Teknik (Saintek), materi TPS dan TKA yang diuji meliputi Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi.

Sedangkan pada kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), materi ujian TPS dan TKA adalah Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi. (redaksi)

Berita Terkait