Inilah Mekanisme Pendaftaran UTBK

Ilustrasi pelaksanaan UTBK

PALANGKA RAYA – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah ujian masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan secara elektronik menggunakan perangkat komputer. Pelaksana adalah LembagaTes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Ujian ini wajib diikuti oleh setiap calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2019.

Dalam ketentuan yang telah ditetapkan LTMPT, peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK maksimal dua kali, dengan ketentuan:

  1. UTBK kelompok Sain dan Teknik (Saintek) satu kali dan kelompok Sosial Humaniora (Soshum) satu kali, atau kelompok Saintek dua kali, atau Kelompok Soshum dua kali.
  2. Peserta yang ingin mengikuti tes satu kali, dapat mendaftar pada gelombang pertama atau gelombang kedua.

Pendaftaran UTBK Gelombang Pertama tanggal 01-24 Maret 2019 dan Gelombang Kedua pada 25 Maret-01 April 2019.
Waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama tanggal 13 April – 4 Mei
2019. Sedangkan waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang kedua ditetapkan tanggal 11–26 Mei 2019.

Peserta yang ingin mengikuti tes dua kali, harus mendaftar di gelombang pertama dan gelombang kedua. Peserta yang mendaftar hanya di gelombang kedua berarti hanya mengikuti satu kali tes yakni pada tanggal 11–26 Mei 2019.

Peserta pendaftar UTBK gelombang pertama dapat memilih waktu tes pada tanggal 13, 14, 27, 28 April dan 4 Mei 2019. Sementara pendaftar UTBK gelombang kedua, dapat memilih waktu sesuai yang telah ditetapkan yakni tanggal 11, 12, 18, 25 dan 26 Mei 2019.

Berikut tahapan pendaftaran UTBK 2019:

  1. Mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.
  2. Mengunggah pas foto berwarna
    terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  3. Pembayaran UTBK dilakukan di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran, kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1×24 jam.
  4. Melakukan login ke laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  5. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Untuk diketahui, setiap peserta dapat mengikuti tes UTBK sebanyak dua kali, baik di jemis yang sama maupun berbeda. Biaya pendaftarannya ditetapkan sebesar Rp200.000 untuk sekali tes. Pembayarannya melalui bank yang telah ditunjuk oleh LTMPT.(redaksi)

Berita Terkait