Kalakai Bisa Diekspor ke Luar Negeri

Pangeran Brunei Darussalam Yura Kesteria dan rombongan berbicang-bincang dengan pejabat di UPR dalam perjalanan menuju ke Fakultas MIPA, Kamis (4/4/2019).

PALANGKA RAYA – Kekayaan sumber daya alam di Provinsi Kalimantan Tengah sangat melimpah. Tidak hanya tambang, kayu dan lainnya, namun juga sayuran liar seperti kalakai bisa diekspor ke luar negeri.

“Kalakai sangat mahal di Brunei Darussalam. Bahkan berpotensi untuk diekspor,” kata Pangeran Brunei Darussalam Yura Kesteria sebelum berkunjung ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya, Kamis (4/4/2019).

Kalakai adalah jenis tumbuhan pakis atau paku-pakuan dengan nama latin Stenochlaena Palutris. Tumbuhan ini tersebar banyak di wilayah Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Kalakai memang gampang tumbuh di daerah yang memilki kelembaban tinggi, seperti tanah gambut di Bumi Tambun Bungai.

Informasi dari berbagai sumber menyebutkan, kalakai kaya akan gizi karena mengandung vitamin C dan zat besi. Bahkan, kalakai juga berkhasiat menyembuhkan/meredakan diare dan anemia.

Selain itu, kalakai juga dapat digunakan sebagai penambah ASI (Air Susu Ibu) apabila dikonsumsi oleh wanita yang sedang menyusui.(yfd/red)

Berita Terkait