KKN-T 2019 Wujudkan Program Satu Desa Satu PAUD

Suasana belajar mengajar oleh Mahasiswa KKN-T 2019, di TK/PAUD Tunas Harapan Desa Pilang, Kabupaten Pulang Pisau, baru-baru ini.

PALANGKA RAYA – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Periode I 2019 Universitas Palangka Raya (UPR), salah satu tema yang diusung adalah mewujudkan program pemerintah.

Program tersebut, yakni Satu Desa Satu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di kabupaten yang menjadi fokus pelaksanaan KKN-T, yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Gunung Mas.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPR Dr Ir Aswin Usup MSi kepada uprjayaraya.com, Senin (24/6/2019), menyebutkan, mendirikan PAUD merupakan satu dari lima tema KKN-T periode I 2019.

Namun pendirian tersebut, difokuskan ke desa-desa yang selama ini belum memiliki PAUD. Sehingga mahasiswa KKN-T 2019, mempunyai kewajiban untuk menyosialisasikan tentang pentingnya PAUD, menyusun perencanaan, dan menyiapkan semua administrasi yang dibutuhkan dalam pendirian PAUD.

“Setelah semua siap dan masyarakat desa sadar pentingnya PAUD, barulah semua proposal usulan pendirian diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab),” ujarnya.

Pasalnya, mahasiswa KKN-T hanya bertugas menyiapkan semua kelengkapan administrasinya saja. Sedangkan yang berwenang mendirikan bangunan dan menyediakan fasilitas PAUD, menjadi kewenangan Pemkab.

Akan tetapi dalam hal ini, lanjut Aswin, tidak mutlak satu desa wajib didirikan satu PAUD. Karena bagi desa-desa yang jaraknya berdekataan, akan mubazir jika masing-masing didirikan satu PAUD.

“Untuk desa yang jaraknya berdekatan, maksimal tiga desa di situ akan didirikan satu PAUD. Untuk desa yang jaraknya cukup jauh dengan desa lain, maka satu desa satu PAUD diberlakukan,” ungkap Dr Ir Aswin Usup MSi. (il/red)

Berita Terkait