KKN-T Periode II 2019 Hasilkan Berbagai Inovasi

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi disaksikan Sekda Pulpis Saripudin dan para Wakil Rektor, melakukan simbolis peluncuran web Desa Buntoi dan web Desa Jabiren, Kamis (5/9/2019).

PALANGKA RAYA – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Periode II tahun 2019, berhasil mencetak berbagai inovasi bagi desa lokasi KKN.

“Kita patut berbangga, karena selama pelaksanaan KKN-T periode II ini mahasiswa kita berhasil membuat sekitar 50 web desa, khususnya di wilayah Pulang Pisau,” sebut Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi, pada Safari Rektor KKN-T UPR 2019, di Desa Buntoi, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (4/9/2019).

Dengan adanya inovasi tersebut, diharapkan desa-desa yang telah memiliki web desa bisa melek teknologi, tinggal ketinggalan dengan perkembangan teknologi, dan potensi desa bisa lebih dikenal secara nasional maupun internasional.

Oleh karena itu, lanjut Andrie Elia, UPR siap melatih para perangjat desa untuk memanfaatkan web desa itu. Sedangkan Pemkab Pulpis, dapat membuat regulasi melalui Peraturan Bupati (Perbup) untuk penganggaran pengelolaan web desa tersebut.

Di tempat yang sama, Bupati Pulpis Edy Pratowo melalui Sekda Saripudin, menuturkan, terkait adanya web desa tersebut dia akan koprdinasikan dengan dinaas terkait untuk menganggarkan pengelolaannya.

“Saya juga siap berkoordinasi dengan Bupati agar membuat Perbup, untuk pengelolaan web desa melalui Dana Desa. Sedangkan untuk melatih perangkat desanya, Kepala Desa dapat menganggarkan melalui anggaran Bimtek di Dana Desa,” ungkap Saripudin.

Sementara itu, Kepala LPPM UPR Dr Ir Aswin Usup MSi, menambahkan, pelaksanaan KKN-T periode II 2019, UPR mengirimkan sekitar 1517 mahasiswa, dan 1035 atau sekitar 68,22 persen di antaranya KKN-T di Pulpis.

“Banyak tema yang diusung dalam pelaksanaan KKN-T Periode II ini melanjutkan KKN-T Periode I lalu. Salah satunya mengembangkan dan memperkenalkan potensi yang ada di desa, agar dapat lebih dikenal masyarakat luas melalui web desa,” tukasnya. (il/red)

 

Berita Terkait