Mahasiswa Asal Papua Diimbau Jangan Sungkan Bergaul

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi menerima cinderamata dari mahasiswa UPR asal Papua pada rangkaian Malam Keakraban Himpunan Mahasiswa Papua Kalimantan Tengah, Jumat (27/9/2019).

PALANGKA RAYA – Mahasiswa asal Papua yang berkuliah di Universitas Palangka Raya (UPR), Kalimantan Tengah, hendaklah jangan sungkan bergaul dengan mahasiswa dan masyarakat di Bumi Tambun Bungai ini. Karena kita semua bersaudara.

Imbauan tersebut disampaikan Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi dalam arahannya pada acara Malam Keakraban Himpunan Mahasiswa Papua Kalimantan Tengah di Asrama Papua, komplek UPR, Jumat (27/9/2019).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Rektor UPR Bidang Hukum, Organisasi, SDM dan Kemahasiswaan, Prof Dr Suandi Sidauruk MPd dan beberapa pejabat UPR lainnya.

Menurut Andrie, sekarang ini di era Revolusi Industri 4.0, kita tidak mungkin hidup sendiri atau mengelompok. Karena melalui pergaulan dan berinteraksi dengan masyarakat, akan mendapat pengalaman maupun informasi baru.

“Sebagai contoh, orang Dayak itu memiliki namanya Huma (rumah) Betang. Untuk bisa membangun dan mendiami rumah betang, terdiri dari berbagai agama. Begitu juga membangun Indonesia, perlu kerja sama masyarakat dari Sabang sampai Marauke,” kata Rektor.

Tidak hanya itu, Rektor UPR juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Papua. Karena mempercayakan UPR untuk tempat anak-anaknya menimba ilmu. Kepada mahasiswa asal Papua yang berkuliah di UPR, diminta untuk terus meningkatkan kemampuan di bidang akademik maupun non akademik.

“Ayo semangat. Datang ke Kalteng untuk menimba ilmu di Universitas Palangka Raya sebanyak mungkin. Sehingga ketika pulang nanti, ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi daerah asal dan Indonesia,” tandas Andrie Elia.

Sementara itu, Ketua Panitia Malam Keakraban Himpunan Mahasiswa Papua Kalteng, Rivaldo Anari mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program tahunan.

Sejumlah materi akan disampaikan dalam kegiatan itu, di antaranya pengenalan lingkungan kampus, pengenalan adat dan istiadat setempat, tata cara bersosialisasi dan bersikap antar sesama, dengan yang lebih tua maupun yang muda.

Kegiatan tersebut bertema “Membangun Persaudaraan Sebagai Awal Kemajuan Bersama”. Sedangkan sub tema “Melalui Kegiatan Malam Keakraban, Kita Jalin Persaudaraan dan Solidaritas Mahasiswa Papua”.

Di tempat sama, Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Papua Kalteng, Kianus Mirib, mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan Wakil Rektor UPR yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan tersebut.(yfd/red)

Berita Terkait