Nilai UTBK Bukan Penentu Kelulusan

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019, beberapa waktu lalu.

PALANGKA RAYA – Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP), Universitas Palangka Raya (UPR) Iring SE MSi, menegaskan bahwa nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bukanlah penentu kelulusan peserta masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Banyak masyarakat salah paham, yang menyebut nilai UTBK menjadi faktor penentu kelulusan masuk PTN. Nilai UTBK ini digunakan untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN),” jelas Iring kepada uprjayaraya.com, Jumat (17/5/2019).

Dia menambahkan, sebelum mengikuti SBMPTN peserta wajib mencetak sertifikat telah mengikuti UTBK sebagai salah satu syarat untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

“Sementara pelaksanaan SBMPTN sendiri, pendaftarannya akan dibuka pada 10 sampai 24 Juni 2019 di web resmi SBMPTN. Sedangkan pengumuman kelulusan SBMPTN, rencananya pada 9 Juli 2019,” ungkap Iring.

Untuk diketahui, ketika mendaftar ke SBMPTN, barulah peserta menentukan akan melanjutkan pendidikannya di jurusan, fakultas, maupun universitas atau perguruan tinggi yang dituju. (il/red)

Berita Terkait