Pelatihan Metodologi Penelitian Berguna untuk Calon Guru Besar

Dr Uras Tantulo

PALANGKA RAYA – Pelatihan Metodologi Penelitian yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Palangka Raya (LPPM UPR), Jumat (12/07), bertujuan untuk meningkatkan percepatan jenjang karir dari lektor, dan lektor kepala menjadi guru besar dalam mengadakan penelitian.

Pelatihan yang diikuti puluhan dosen di lingkungan UPR ini bertempat di aula Pascasarjana.

“Guru besar di lingkungan UPR semakin berkurang. Kegiatan ini untuk memacu dosen-dosen lainnya yang sudah lektor untuk menjadi lektor kepala dan mengadakan penelitian untuk menjadi guru besar,” jelas Ketua Panitia Dr Uras Tantulo kepada uprjayaraya.com.

Dalam pelatihan tersebut, Uras Tantulo menambahkan, narasumber memberikan berbagai materi dalam metodologi penelitian mulai dari angka kredit, penulisan jurnal serta hal-hal lain yang menunjang untuk mendapatkan gelar guru besar.

“Kebetulan narasumber dari Kemenristekdikti, mereka juga yang mereview syarat-syarat untuk pengajuan menjadi guru besar. Jadi sangat penting diikuti oleh dosen yang akan menjadi guru besar,” tambahnya.

Kedepannya, dosen-dosen UPR supaya bisa mengaplikasikan hasil pelatihan tersebut untuk mencapai gelar guru besar.

“Semoga peserta pelatihan ini nantinya bisa cepat mengajukan untuk menjadi guru besar sesuai bidang studinya. Sehingga guru besar di UPR bertambah banyak dan dapat meningkatkan kualitas serta akreditasi perguruan tinggi ini,” harap Uras Tantulo. (yfd/red)

Berita Terkait