Pendaftar SMMPTN Hingga 29 Mei Capai 609 Orang

Ilustrasi. Pendaftaran calon mahasiswa baru

PALANGKA RAYA – Pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat Indonesia 2019 sudah dimulai.

Sejak tanggal 1 hingga 29 Mei 2019, total yang mendaftar melalui jalur SMMPTN dengan mengambil lokasi test di Universitas Palangka Raya (UPR) sudah sebanyak 609 orang.

Koordinator Teknologi, Informasi dan Komunikasi Pusat UTBK UPR V, Abdi Gunawan mengatakan, jumlah pendaftar sebanyak itu terdiri dari SAINTEK sebanyak 110 orang, SOSHUM sebanyak 451 orang dan CAMPURAN sebanyak 48 orang.

“Pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 16 Juli 2019 mendatang. Sedangkan tes dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019,” kata Abdi Gunawan kepada uprjayaraya.com, Rabu (29/5/2019).

Tata Cara Mendaftar di SMMPTN

Bagi Lulusan Sekolah Menegah Atas (SMA)/sederajat lulusan 2017, 2018 dan 2019 yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SMMPTN bisa mengikuti tata cara sebagai berikut.

Proses pendaftaran untuk mendapatkan kode PIN dan ID pembayaran dilakukan secara online di website smmptnbarat.id

Setelah mendapatkan PIN dan ID bayar, silahkan melakukan pembayaran ke bank yang ditunjuk, yaitu BNI, Mandiri dan BTN. Untuk kategori SAINTEK atau SOSHUM calon mahasiwa harus membayar sebesar Rp350 ribu dan campuran sebesar Rp500 ribu.

Khusus UPR, calon mahasiswa yang memilih jurusan Sendratasik dan PJKR dikenakan biaya tambahan sebesar Rp150 ribu, biaya ujian praktik meski Prodi Sendratasik dan PJKR masuk di kelompok SOSHUM.

Mengenai pemilihan kelompok, peserta diingatkan sesuai jurusan sewaktu menempuh pendidikan di SMA. Jurusan IPA masuk kelompok SAINTEK, sedangkan IPS masuk kelompok IPS.

Untuk perhatian, lulusan IPS dilarang mengambil jurusan di SAINTEK dan boleh mengambil kelompok CAMPURAN. Untuk kelomplok IPA, jika memilih CAMPURAN, bisa mengambil semua jurusan di UPR.

Khusus lulusan IPA, boleh mendaftar di kelompok SOSHUM dengan catatan tidak boleh mengambil jurusan di SAINTEK. Jika kelompok IPS mengambil kelompok CAMPURAN akan diberikan tiga jurusan tambahan di SAITEK di Fakultas Pertanian UPR.

Untuk mendapatkan PIN dan ID bayar, calon mahasiswa masuk ke website smmptnbarat.id, kemudian klik pendaftaran, klik daftar dengan mempersiapkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), KK (Kartu Keluarga), email aktif, nomor handphone aktif dan foto ukuran 120 kb file.

Setelah semua daftar isian terisi, lakukan pengisian borang, dan cetak kartu pra registrasi. Kartu pra registrasi ini dibawa ke bank yang ditunjuk yakni Mandiri, BNI dan BTN untuk melakukan pembayaran.

Kemudian, setelah mendapat PIN dan ID bayar melalui bank, kemudian langkah selanjutnya calon mahasiswa melakukan login ke web smmptnbarat.id untuk melanjutkan pengisian borang dan mendapatkan kartu peserta.

Kartu peserta digunakan untuk mengikuti ujian yang dilakukan pada tanggal 18 Juli 2019. Tempat pelaksanaan seleksi tercantum di kartu peserta.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Palangka Raya Prof Dr Ir Salampak S Dohong MS mengatakan, ada, 15 PTN masuk dalam wilayah barat, yaitu UPR, Universitas Syiah Kuala, Universitas Andalas, Universitas Jambi, Universitas Lampung, Universitas Bengkulu.

Kemudian, ISI Padang Panjang, Universitas Mulikusshaleh, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bangka Belitung, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, Institut Seni Budaya Indonesia dan Universitas Samudera. (yfd/red)

Berita Terkait