Pendaftaran SBMPTN Dimulai 10 Juni

Iring SE MSi

PALANGKA RAYA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dibuka mulai 10 hingga 24 Juni 2019 mendatang.

Pendaftar SBMPTN 2019, diperuntukkan bagi peserta tes yang telah mendapat nilai usai mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Peserta mengikuti UTBK hanya untuk memperoleh nilai. Nah, nilai tersebut diberikan bersama sertifikat telah mengikuti UTBK, kemudian dicetak untuk mendaftar ke web resmi SBMPTN secara online,” kata Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Universitas Palangka Raya, Iring SE MSi, kepada uprjayaraya.com, Kamis (16/5/2019).

Saat mendaftar ke SBMPTN, jelasnya, barulah peserta menentukan akan melanjutkan pendidikan di jurusan, fakultas, maupun universitas atau perguruan tinggi yang dituju.

“UTBK tidak menentukan siapa yang lulus atau tidak, tetapi hanya mencari nilai. Jadi intinya sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ini, berbeda dari tahun lalu. Sebelumnya, calon mahasiswa mendaftar dulu baru tes. Tetapi sekarang tes dulu, nilai didapat untuk mendaftar ke jurusan maupun program studi,” jelas Iring.

Iring menambahkan, setelah mendaftar ke SBMPTN, tidak langsung mengetahui apakah diterima di perguruan tinggi yang dituju. Karena hasil SBMPTN rencananya akan diumumkan pada 9 Juli 2019.

Untuk diketahui, total peserta yang mengikuti UTBK tahun 2019 di Universitas Palangka Raya sebanyak 6.082 orang. Jumlah peserta sebanyak itu, terbagi atas dua kelompok ujian, yaitu 3.135 SAINTEK dan 2.947 SOSHUM. (yfd/il/red)

Berita Terkait