Pendidikan Tinggi Berperan Penting dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi

PALANGKA RAYA – Pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan. Pembangunan pendidikan berkualitas juga merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan untuk mendorong kesejahteraan semua kalangan.

Hal ini disampaikan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, di Palangka Raya, Kamis (2/5/2019).

“Memajukan pendidikan tinggi sama dengan kita berperan dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia,” jelas Andrie Elia.

Dikatakan, sekarang ini kondisi dunia terus berkembang dan menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Revolusi perangkat lunak telah mentranformasikan kegiatan ekonomi, dengan sebagian pekerjaan yang ada akan digantikan oleh otomatisasi. Pergeseran ini niscaya menuntut sistem pendidikan untuk turut berevolusi menyesuaikan diri.

“Kita harus siap menjalani Era Revolusi Industri 4.0. Bagaimana agar pendidikan tinggi kita mampu menjawab tantangan dan merealisasikan peluang tersebut,” kata Andrie Elia.

Langkah yang dilakukan, terang Rektor UPR, di antaranya adalah membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas agar memiliki pengetahuan dan skill yang relevan. Sehingga mampu mendapat pekerjaan layak dan memiliki jiwa kewirausahaan. (mz/red)

Berita Terkait