Penerima Beasiswa Bidikmisi Ada Beberapa Kriteria

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) mengumumkan Program Beasiswa Bidikmisi pada tahun 2019. Pengumuman tentang Bidikmisi tersebut terpajang di papan informasi Rektorat UPR.

Kepala Sub Bidang, Kesejahteraan Mahasiswa, Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan, UPR Muhammad Fauzi SP mengatakan, jumlah kuota penerima Bidikmisi tahun ini dalam waktu dekat akan diumumkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

“Kami hanya melakukan verifikasi dan mengusulkan data calon penerima beasiswa Bidikmisi kepada Kemenristekdikti,” kata Muhammad Fauzi kepada uprjayaraya, Senin (1/4/2019).

Untuk mendapatkan Program Beasiswa Bidikmisi, tambahnya, yaitu siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus tahun 2019, memiliki identitas berupa NISN dan NSPN valid di PDSPK.

Kemudian, lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi, usia maksimal 21 tahun saat mendaftar, tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) maksimal Rp4 juta per bulan, dan atau pendapatan kotor orang tua/wali dibagi anggota keluarga maksimal Rp750 ribu setiap bulannya.

Syarat lain untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi yakni pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 atau Diploma 4, memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari kepala sekolah.

“Syarat selanjutnya lulusan seleksi Perguruan Tinggi (UPR) jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN,” terang Muhammad Fauzi. (yfd/red)

Berita Terkait