Perencanaan Sangat Penting

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPR, Dr H Suriansyah Murhaimi SH MH membuka Bimtek Mengawal Terwujudnya UPR menuju Good Universitas Governance, Selasa (2/7/2019)

PALANGKA RAYA – Perencanaan program kerja maupun dalam pengelolaan anggaran sangat penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan roda organisasi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Hal itu disampaikan Sekretaris Forum Persatuan Internal PTN Indonesia Taufik Kurrohman SE MSA AK CA QIA CFrA AAPB CSRS kepada wartawan usai pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Mengawal Terwujudnya Universitas Palangka Raya menuju Good Universitas Governance di Aula Rahan Rektorat UPR, Selasa (2/7/2019)

Menurutnya, apabila perencanaan bagus akan menghasilkan ouput yang baik pula. Sebaliknya bila perencanaan asal-asalan akan menghasilkan tidak baik pula.

“Kalau perencanaan hanya formalitas, akhirnya eksekusi atau pelaksanaannya asal-asalan saja. Yang penting dana habis terserap, tetapi tidak ada ouput yang jelas,” kata dia.

Melalui kegiatan tersebut, tambahnya, yang ingin diwujudkan adalah Universitas Palangka Raya menuju Good Universitas Governance.

“Seperti kita ketahui banyak permasalahan hukum terjadi. Hal itu bermuara akibat ketidaktahuan dalam pengelolaan keuangan yang di anggaran yang bersumber dari APBN maupun APB. Untuk itu perlu perencanaan yang matang,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPR, Dr H Suriansyah Murhaimi SH MH mengatakan, tata kelola perguruan tinggi yang baik bertujuan untuk mewujudkan perguruan tinggi yang akuntabel, transparan, bertangungjawab, berkeadilan, memiliki mutu yang terjamin, efektif, efisien baik dalam proses akademik maupun pelaporan keuangan serta memiliki independensi yang tinggi.

“Kesemuannya itu dituntut untuk dapat diterjemahkan oleh perguruan tinggi dalam aktifitasnya strategisnya dan juga manajemen pengelolaannya sampai bagian unit atau di dalamnya,” kata Suriansyah. (yfd/red)

Berita Terkait