Peserta KKN-T UPR Luncurkan Layanan UMKM Center Desa Online

Atasi Masalah Pemasaran Produk Desa

Ketua KKN-T UPR Periode II Desa Sidodadi, Muhammad Mohan menyerahkan bukti peluncuran website desa kepada Kades Sidodadi Ali Usni, dalam acara Launching di Gedung Serbaguna Desa setempat, Kamis (29/8/2019).

PULANG PISAU – Sebuah inovasi dan terobosan baru untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dilakukan oleh peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Palangka Raya (KKN-T UPR) di Desa Sidodadi, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau.

Inovasi dimaksud adalah Website Desa dan UMKM Center Desa Online, yang dilaunching hari ini, Kamis (29/8/2019), sekitar pukul 09.00 WIB.

Kepala Desa (Kades) Sidodadi, Ali Usni, pada launching tersebut menyatakan sangat mendukung inovasi dan terobosan baru peserta KKN-T UPR kepada desa yang dipimpinnya.

“Saya sangat mendukung. Karena ini salah satu inovasi dan terobosan baru untuk UMKM Desa Sidodadi, dan sangat membantu dalam hal pemasaran,” ujar Ali Usni dalam acara yang dihadiri peserta dan pendamping KKN-T UPR, perangkat desa dan pelaku UMKM Desa Sidodadi.

Selain launching website desa, peserta KKN-T UPR juga menghadirkan layanan UMKM Center Desa Online dalam hal pemasaran produk UMKM di Desa Sidodadi.

Di tempat sama, Ketua KKN-T UPR Periode II Desa Sidodadi, Muhammad Mohan, menjelaskan, di Era Revolusi 4.0 ini, pihaknya sengaja menghadirkan layanan UMKM Center Desa Online untuk pelaku UMKM di Desa Sidodadi. Harapannya, kedepan UMKM Desa Sidodadi bisa lebih mudah untuk memasarkan produk-produknya.

“Kami berharap dengan adanya pasar yang bebas (UMKM Center Desa Online), mampu mendongkrak jumlah pesanan UMKM yang ada di Desa Sidodadi,” kata Mohan.

Dipaparkan, cara mengakses UMKM Center Desa Online ini, pertama-tama kunjungi website desa setempat yakni www.desasidodadipulpis.blogspot.com. Kemudian pilih menu UMKM CENTER.

Selain launching website, dalam acara ini juga disosialisasikan strategi marketing serta izin produk (BPOM dan Label Halal) dan pengemasan produk.

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan program kerja dari tema Pengembangan UMKM serta tugas dari LPPM UPR 1 Desa 1 Website dalam KKN-Tematik UPR Periode II Tahun 2019.(mz/red)

Berita Terkait