Puluhan Mahasiswa UPR Asal Papua Dilatih Mengelola Perikanan

Kepala BAKP Rektorat UPR, Iring SE MSi berfoto bersama mahasiswa UPR asal Papua pada rangkaian Pelatihan Softskill Bidang Perikanan di Aula Rahan Rektorat UPR, Kamis (31/10/2019).

PALANGKA RAYA – Puluhan mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) khusus dari Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) Papua, mengikuti Pelatihan Softskill Bidang Perikanan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh UPR bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalteng ini digelar di Aula Rahan Rektorat UPR, Kamis (31/10/2019).

Kepala Biro Akademik dan Perencanaan (BAKP) Rektorat UPR, Iring SE MSi ketika membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada para peserta, khusus dalam bidang perikanan.

“Dari kegiatan ini, kita harapkan mahasiswa asal Papua ini nantinya siap terjun ke dunia persaingan, baik di lingkungan masyarakat maupun dalam mencari peluang-peluang bisnis,” jelas Iring.

Diungkapkan, di luar teori-teori yang mahasiswa dapatkan di perkuliahan, lembaga UPR juga memiliki program-program pelatihan untuk meningkatkan wawasan dan ketrampilan mahasiswa. Itu sebagai modal dasar mereka ketika nantinya terjun ke masyarakat.

“Artinya, mereka tidak hanya mengetahui secata teori, tetapi juga bisa mempraktikkan ilmu yang mereka peroleh selama kuliah di UPR,” harapnya.

Menurut Iring, ilmu terapan tersebut merupakan modal utama bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan ilmu-ilmu mereka dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga nantinya mereka bisa memberikan kontribusi positif bagi diri masing-masing maupun bagi keluarganya.
Karena bila mereka sudah mampu mandiri, punya pengetahuan dan keterampilan, maka otomatis mereka bisa melakukan usaha mandiri, tanpa harus terikat kepada bantuan pemerintah dan pihak lainnya.

“Kegiatan ini, juga untuk mendukung program pemerintah dalam membantu masyarakat yang kemampuannya secara ekonomi masih lemah. Dengan harapan, supaya mereka bisa sejajar dengan masyarakat lainnya yang punya kemampuan lebih,” kata Iring.(mz/red)

Berita Terkait