Registrasi Mahasiswa Baru SNMPTN Sudah Dimulai

Prof Dr Ir Salampak MS

PALANGKA RAYA – Memasuki tahun akademik 2019/2020, mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dapat melakukan registrasi. Proses registrasi dengan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini, dilakukan mulai 15 sampai 21 Mei 2019, melalui Bank Tabungan Negara (BTN).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Universitas Palangka Raya (UPR) Prof Dr Ir Salampak MS kepada uprjayaraya.com, kemarin, mengatakan, pembayaran UKT khusus mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dapat dilakukan mulai 17 sampai 21 Mei 2019 melalui Bank BTN.

“Untuk mengetahui kelompok dan besaran UKT yang telah ditetapkan, mahasiswa diminta melakukan login pada akun masing-masing di laman www.ukt-upr.id. Selain itu, mahasiswa juga wajib melakukan registrasi secara daring dengan login ke Sistem Informasi Akademik (SIAKAD),” ujarnya.

Salampak menambahkan, dalam SIAKAD mahasiswa dapat melakukan pengisian Data Induk Mahasiswa (DIM) untuk mendapatkan nomor Virtual Account (VA) BTN. Untuk kemudian melakukan pencetakan form tagihan pembayaran UKT di BTN, dengan catatan alamat laman SIAKAD dan pengaduan pengisian SIAKAD tersedia di akun masing-masing mahasiswa di laman ukt-upr.id, serta tersedia juga di laman pmb.upr.ac.id.

Sementara cara pembayaran UKT UPR di BTN, dapat melalui ATM BTN, Mobile Banking BTN, Teller BTN, dan ATM bank lain. Juga, dapat diunduh di akun masing-masing di laman ukt-upr.id dan pmb.upr.ac.id.

“Bagi calon mahasiswa yang sudah membayar UKT, dapat login embali ke SIAKAD untuk melihat status pembayaran, NIM, dan melakukan pencetakan bukti registrasi,” sebutnya.

Sedangkan bagi calon mahasiswa yang mendaftar Beasiswa Bidikmisi dan telah lulus verifikasi kelayakan, serta ditetapkan sebagai penerima, maka tidak perlu melakukan pembayaran UKT. Karena secara otomatis mendapatkan NIM, dengan cara login ke SIAKAD untuk melakukan pengisian DIM, dan melakukan pencetakan bukti registrasi.

Lebih lanjut Salampak menjelaskan, usai mencetak bukti registrasi mahasiswa dapat melakukan proses registrasi di Fakuktas masing-masing dengan membawa bukti registrasi disertai dokumen lainnya mulai 15 sampai 21 Mei 2019.

Khusus mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter, untuk pelaksanaan registrasi di fakultas, harus membawa bukti registrasi dan dokumen lainnya, mulai 17 sampai 21 Mei 2019.

“Seluruh biaya yang telah dibayar, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Semua informasi terkait proses pendaftaran ulang mahasiswa baru UPR jalur SNMPTN 2019 baik berupa pengumuman, waktu dan tempat pelaksanaan, perubahan jadwal, dan hal lainnya, akan diinformasikan di laman pmb.upr.ac.id,” tutup Prof Salampak. (il/red)

Berita Terkait