Rektor UPR Targetkan Akreditasi A Tahun 2021

Dr Andrie Elia SE MSi

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi kembali menyinggung pentingnya peningkatan sarana dan prasarana (sarpras) perguruan tinggi. Karena dengan sarpras terpenuhi, maka akreditasi perguruan tinggi tersebut juga bisa terpenuhi.

Di UPR sendiri, Rektor berjanji akan terus mendorong terpenuhinya peningkatan akreditasi program studi (prodi) dan jurusan. Sehingga UPR mampu berstandar nasional dan menjadi salah satu perguruan tinggi berdaya saing yang bagus di Indonesia.

“Saya masuk jadi rektor pada 7 September 2018. Saat itu, akreditasi UPR yang terdiri dari 8 fakultas, satu pascasarjana dan satu program doktor, hanya 26 yang Akreditasi B, 25 Akreditasi C dan 3 kadaluarsa akreditasinya. Sehingga saya prioritaskan upaya peningkatan akreditasi,” papar Andrie Elia di Palangka Raya, Senin (2/9/2019).

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi bersama Wakil Rektor meninjau sejumlah ruang perkuliahan untuk memantau kondisi sarpras di lingkungan UPR, beberapa waktu lalu.

Sekarang, lanjut Andrie Elia, semuanya sudah direakreditasi. Dari 54 prodi dan jurusan, sebanyak 28 sudah diupload, tinggal dilakukan penilaian. Setelah sekitar 10 bulan berjalan, ada 14 yang sudah keluar hasil penilaiannya. Terdiri dari 13 meraih Akreditasi B dan satu prodi mendapat Akreditasi A. Sedangkan sisanya ditargetkan akhir tahun 2019 ini semua harus sudah terakreditasi B dan bahkan ada beberapa yang meraih Akreditasi A.

Kalau semua prodi di UPR sudah terakreditasi, maka secara standar mutu nasional perguruan tinggi, UPR sudah memenuhi standar. Dengan demikian, maka UPR akan punya daya saing di tingkat regional, nasional dan internasional.

“Saya akan terus mendorong agar perguruan tinggi kita (UPR) meraih Akreditasi A pada tahun 2021. Dengan sarpras-sarpras yang ada, bantuan pemerintah, pengusaha dan stakeholders, maka UPR akan bisa mencapai Akreditasi A pada 2021” tegasnya.

Untuk itu, Rektor UPR meminta bantuan dan dukungan dari semua jajarannya di UPR, agar target tersebut bisa dicapai dengan baik dan tepat waktu.(mz/red)

Berita Terkait