Ribuan Peserta PKKMB UPR Bersiap Mengikuti Penutupan Kegiatan

Peserta PKKMB UPR berkumpul di halaman Rektorat UPR untuk melaksanakan gladi upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Jumat (16/8/2019).

PALANGKA RAYA – Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Palangka Raya (UPR), yang dimulai sejak Rabu (14/8/2019), akan ditutup pada Sabtu (17/8/2019) sore.

Sebanyak 3.826 mahasiswa baru peserta PKKMB ini berkumpul di halaman Rektorat UPR, Jumat (16/8/2019), untuk melaksanakan gladi upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan uprjayaraya.com, pelaksanaan PKKMB UPR ini awalnya terpusat di sekitar Aula Palangka. Kemudian, ribuan mahasiswa baru itu berbaris rapi menuju ke fakultasnya masing-masing untuk melaksanakan kegiatan tersendiri.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan, secara umum di antaranya ceramah dan sosialisasi pengenalan kampus, diskusi, baris berbaris, dan kunjungan langsung ke beberapa tempat di lingkungan kampus.

Ceramah berisi materi pembinaan kesadaran bela negara dan pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, diperkenalkan pula bagaimana kehidupan di kampus dan suasana belajar mengajar.

Diperkenalkan pula nilai-nilai budaya, etika, tata krama dan norma kehidupan kampus, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, serta perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0.

Sedangkan tempat pelaksanaan PKKMB UPR, lebih banyak dilaksanakan di dalam ruangan. Ini sangat dimungkin karena situasi Kota Palangka Raya yang masih diliputi kabut asap tipis bercampur debu.

Hal itu sejalan dengan harapan Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, agar kegiatan PKKMB UPR 2019 lebih banyak dilaksanakan di dalam ruangan.

“Kami sebagai unsur pimpinan UPR, mengharapkan kegiatan PKKMB ini dilaksanakan sambil melihat situasi dan kondisi. Terlebih keadaan di Palangka Raya, sedang dilanda kabut asap,” kata Rektor UPR melalui Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) UPR Iring SE MSi, pada Rabu (14/8/2019) lalu.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik UPR Prof Dr Ir Salampak MS mengatakan, kegiatan PKKMB berbeda dengan pola kegiatan sebelumnya. Karena saat ini, kegiatan mahasiswa baru lebih banyak pada kegiatan pengenalan kampus, kegiatan akademik, organisasi dan kemahasiswaan.

“Tema yang diusung dalam kegiatan PKKMB ini, yaitu Mahasiswa Baru Saudaraku. Artinya, mahasiswa baru adalah saudara bagi rekan-rekan angkatan lamanya, serta tidak ada aktivitas perpeloncoan maupun intimidasi,” jelas Salampak.

Dengan kata lain, lanjutnya, kegiatan PKKMB merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi mahasiswa baru, untuk mempersiapkan diri menempuh pendidikan di perguruan tinggi.(mz/red)

 

Berita Terkait