Satgas Karhutla UPR Aktif Patroli Keliling Kampus

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi bersama Satgas Karhutla UPR memadamkan api yang membakar lahan di lingkungan UPR, beberapa hari lalu.

 

PALANGKA RAYA – Meski kabut asap tak kunjung berhenti menyelimuti Kota Palangka Raya dan sekitarnya, namun upaya pemadaman kebakaran lahan masih terus dilakukan oleh Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan pihak-pihak terkait lainnya.

Begitu juga dengan Satgas Karhutla Universitas Palangka Raya (UPR), terus melakukan patroli di lingkungan kampus tertua di Provinsi Kalteng itu. Jika ditemukan adanya asal kepulan asap dan atau api yang membakar lahan, langsung dipadamkan.

“Satgas Karhutla Universitas Palangka Raya, setiap hari berpatroli di sekeliling lahan kampus. Kalau ada lahan yang terbakar, saat itu juga langsung dipadamkan,” ungkap Ketua Satgas Karhutla UPR, Suwandy SE, kepada uprjayaraya.com, Kamis (15/8/2019).

Dari hasil pemeriksaan, jelasnya, lahan yang sempat terbakar, lokasinya berada di bagian pinggiran lahan kampus yang mengarah ke lingkar luar Kota Palangka Raya. Luasannya mencapai sekitar 22 hektar. Api di lahan tersebut sudah dipadamkan oleh Tim Satgas Karhutla UPR.

Bahkan Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, beberapa hari lalu, juga sempat turun ke lapangan dan membantu upaya pemadaman bersama Satgas Karhutla setempat.

“Sampai saat ini, tidak penambahan lahan yang terbakar di lingkungan Universitas Palangka Raya. Tim Satgas juga terus melakukan patroli,” kata Suwandy.

Sebelumnya diberitakan, pemetaan lokasi kebakaran di lahan milik UPR, dilakukan menggunakan drone.

Kebakaran lahan yang terjadi di lingkungan Universitas Palangka Raya, lokasinya berada di ujung kampus. Di daerah tersebut masih banyak tumbuhan pakis (kalakai dan sejenisnya). Pemadaman kebakaran lahan milik UPR sudah dilakukan dengan armada seadanya dan mengerahkan beberapa personil.

“Satgas ini melibatkan beberapa unsur, seperti Cimtrop, Mapala dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Saat ini tercatat ada sekitar 22 hektar lahan milik Universitas Palangka Raya yang terbakar. Lahan terbakar itu sudah dilakukan pemadaman,” kata Suwandy. (yfd/il/red)

Berita Terkait