Secara Hukum UPR Tidak Berani Memfungsikan Rusunawa

Iring SE MSi

PALANGKA RAYA – Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berdiri di Jalan Bukit Kaminting, masuk kawasan lingkungan Universitas Palangka Raya (UPR), dibangun pada tahun 2008. Pelaksana pembangunan itu adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-PERA).

Hingga saat ini Rusunawa tersebut tidak difungsikan. Sebab, tidak memenuhi ketentuan pemerintah, dan bahkan bisa membahayakan jika dipaksakan pemanfaatannya. Karena dikhawatirkan kondisinya sudah banyak yang rapuh.

“UPR tidak berani memfungsikan Rusunawa itu. Alasannya, karena tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan tidak ada Uji Kelayakan Teknis Bangunan,” jelas Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) UPR Iring SE MSi kepada uprjayaraya.com, Selasa (23/4/2019).

Ia menjelaskan, yang berhak mengeluarkan IMB tersebut yakni Pemerintah Kota Palangka Raya. Berdasarkan informasi, Pemko Palangka Raya tidak menerbitkan IMB, karena kawasan bangunan Rusunawa itu masuk jalur hijau.

“Bangunan Rusunawa itu, sekarang ini sudah berusia 11 tahun, dan secara hukum UPR tidak berani memfungsikan Rusunawa tersebut,” sebut Iring.(yfd/red)

Berita Terkait