SMMPTN Wilayah Barat Mulai Dibuka

Prof Dr Salampak Dohong MS

PALANGKA RAYA – Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) tahun 2019 mulai dibuka. Proses pendaftaran sudah dapat dilakukan sejak 1 Mei hingga 12 Juli 2019.

“Pendaftaran SMMPTN-Barat 2019, dilakukan secara daring. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui http://smmptnbarat.id,” sebut Wakil Rektor Bidang Akademik UPR Prof Dr Salampak Dohong MS, Jumat (3/5/2019).

Dijelaskannya, pendaftaran diawali dengan mengisi biodata singkat pada laman pendaftaran untuk mendapatkan kode pembayaran dan PIN sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Setelah kode pembayaran diperoleh, proses pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Mandiri, BNI, dan BTN. Sedangkan tempat dan lokasi ujian, dilaksanakan di PTN pilihan pertama.

Adapun materi ujian tulis dalam SMMPTN-Barat 2019, yakni Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) yang terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

Selain kedua materi uji itu, lanjut Salampak, ada juga materi uji tes kemampuan dasar sosial dan humaniora (TKD Soshum) yang terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Sementara materi ujian tulis khusus Program Studi bidang Seni dan Keolahragaan, terdiri dari ujian keterampilan seni rupa dengan mata tes menggambar, tes pengetahuan, dan wawasan seni rupa.

Kemudian, ujian keterampilan seni tari dengan mata tes tari bentuk, kreatifitas tari, imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari dalam bentuk wawancara.

“Selanjutnya, ujian keterampilan seni musik dengan mata tes musikalitas, praktik instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik dalam bentuk wawancara,” tutup Prof Salampak Dohong. (il/red)

Berita Terkait