Upaya Meningkatkan Akreditasi Perlu Keseriusan dan Kerja Sama

Prof Dr Ir Salampak MS

PALANGKA RAYA – Tolok ukur mutu pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) salah satunya dapat dilihat dari akreditasi yang dimiliki oleh program studi, jurusan, fakultas maupun PT itu sendiri. Untuk itu, setiap PT harus terus berupaya meningkatkan akreditasinya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Palangka Raya (UPR), Prof Dr Ir Salampak MS mengatakan, instrumen penilaian akreditasi yang baru sebagaimana Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 59 Tahun 2018 untuk institusi Perguruan Tinggi, dan Peraturan BAN-PT Nomor 2 Tahun 2019 untuk Program Studi (Prodi), ada sembilan kriteria yang harus dipenuhi, dan itu sangat sulit serta memerlukan kerja serius.

“Karena itu, dibutuhkan sebuah kerja sama yang baik, serius dan ketulusan. Ini penting bagi kita semua. Harus bekerja sama dan tidak ada yang merasa lebih hebat dari yang lainnya. Harus berjuang bersama-sama,”  kata Salampak saat ditemui di sela-sela Workshop Penyusunan Dokumentasi Akreditasi dan Aplikasi Sapto di aula Rahan, Gedung Rektorat UPR, belum lama ini.

Dalam meningkatkan akreditasi di masing-masing prodi tersebut, harus banyak berjuang dan tentu membutuhkan kerja sama.

“Kita juga terus berupaya untuk meningkatkan akreditasi prodi. Hal ini, juga menjadi perhatian serius dari Rektor UPR Bapak Dr Andrie Elia, yang selalu mendorong, agar setiap prodi dapat meningkatkan akreditasinya,” kata Salampak.

Dirinya juga berharap, dari kegiatan workshop ini, semua peserta mendapat pemahaman yang baik dalam upaya meningkatkan akreditasi di masing-masing prodi.

Acara ini dihadiri asesor sekaligus sebagai pemateri dari Badan Akreditasi(BAN-PT), Dr Dwi Setyawan MSc. Sedangkan para peserta terdiri dari dekan, dosen, dan tenaga administrasi.(mz/red)

Berita Terkait