UPR Bentuk Tim Konsultasi dan Layanan Hukum

Dr Mutia Evi Kristhy SH MHum

PALANGKA RAYA – Untuk mengkaji berbagai permasalahan hukum yang muncul di lingkungan Universitas Palangka Raya (UPR), Perguruan Tinggi Negeri tertua di Provinsi Kalteng ini kini membentuk Tim Konsultasi dan Layanan Hukum. Tim hukum ini resmi dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor UPR Nomor 395/UN24/2019 tentang Pembentukan Tim Konsultasi dan Layanan Hukum UPR.

Ketua Tim Konsultasi dan Layanan Hukum UPR, Dr Mutia Evi Kristhy SH MHum mengatakan, tim konsultasi dan layananan hukum UPR dibentuk karena banyaknya permasalahan di UPR yang berkaitan dengan hukum, dan merupakan masalah yang krusial.

“Pembenahan sistemik di berbagai bidang juga membutuhkan hukum sebagai perangkat pengaturan formal. Semuannya membutuhkan pembaharuan, dan pembaharuan hukum membutuhkan kajian dan akses mendalam mengenai hukum itu sendiri,” jelas Mutia, Selasa (22/10/2019).

Dipaparkan, tim konsultasi dan layanan hukum UPR bertugas melakukan berbagai kajian terhadap permasalahan hukum yang muncul di lingkungan UPR. Di mana dalam sebuah universitas berlaku hukum-hukum tertentu yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh seluruh civitas akademika yang bersangkutan, baik rektor, para dosen, mahasiswa, dan pegawai universitas.

“Aturan hukum tersebut diberlakukan demi mewujudkan aktifitas akademik yang teratur, kondusif, serta mengatur ketertiban di lingkungan universitas,” kata Mutia.

Ditambahkan, sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi, kegiatan pendidikan di suatu universitas harus dijalankan berdasarkan sebuah konsep yang dapat dipahami dan dijadikan acuan oleh semua komponen yang terlibat di dalamnya.

Sementara itu, Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi mengatakan, tim tersebut dibentuk sebagai tempat konsultasi dan layanan hukum terutama bagi kalangan civitas akademika UPR.

“Sehingga diharapkan agar semua pihak yang terlibat dalam civitas akademika UPR, dapat bekerja dengan baik serta memiliki integritas dalam melaksanakan semua tugasnya,” kata Andrie Elia.(mz/red)

 

Berita Terkait