UPR Kembali Sosialisasikan Persiapan Masuk Perguruan Tinggi

Ratusan pelajar menengah atas saat mengikuti sosialisasi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang digelar tim pelaksana UTBK dari Universitas Palangka Raya, Jumat (8/3/2019).

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) kembali melakukan sosialisasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) Tahun 2019. Sosialisasi kali ini dihadiri ratusan pelajar SMA, SMK, MA dan sederajat di wilayah Kota Palangka Raya, bertempat di Aula Harati Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Jumat (8/3/2019).

Dalam sosialisasi ini, pihak pelaksana UTBK dari UPR menyampaikan berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi sebelum mendaftar sebagai calon mahasiswa. Pelaksana juga menypaikam berbagai kebijakan pemerintah secara nasional melalui LembagaTes Masuk
Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa baru.

Sosialisasi SMPTN 2019 yang dipimpin Iring SE MSi selaku Koordinator UTBK ini, dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi (PT). Salah satu peningkatannya, jika di tahun sebelumnya menggunakan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC), maka tahun 2019 ini berbasis komputer.

Sehingga diperlukan satu sistem tes berstandar nasional dalam kesatuan sistem pendidikan nasional untuk masuk perguruan tinggi. Perlunya pengembangan model dan proses seleksi calon mahasiswa baru masuk Perguruan Tinggi yang sesuai perkembangan teknologi informasi dan era digitalisasi serta tuntutan masyarakat.

Hal ini mengacu pada prinsip-prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien dan akuntabel.(redaksi)

Berita Terkait