UPR Menuju Host to Host dan Virtual Account

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr H Suriansyah Murhaimi SH MH melakukan penandatanganan PKS dengan mitra Bank UPR, disaksikan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir Salampak Dohong MP, Staf Ahli Rektor Bidang Hukum AguS Mulyawan SH MH dan Karo Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan Iring SE, Jumat (10/5/2019).

PALANGKA RAYA – Mewujudkan kampus Universitas Palangka Raya (UPR) berbasis Information, Communication, and Technology (ICT), terus dilakukan jajaran universitas terbesar dan tertua di Kalteng ini.

Salah satu upaya yang dilakukan, yakni menindaklanjuti penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan antara Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi dengan mitra Bank awal 2019 lalu, melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS), Jumat (10/5/2019).

Staf Ahli Rektor Bidang Hukum Agus Mulyawan SH MH, kepada uprjayaraya.com menuturkan, penandatanganan itu dilakukan dengan mitra Bank, seperti Bank Kalteng, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri, BCA, dan BTN.

“PKS yang ditandatangani hari ini, adalah tentang penyediaan layanan pembayaran biaya pendidikan melalui fasilitas pelayanan secara online. Online dimaksud, yaitu sistem Virtual Account (VA), yang arahnya di tahun ini Host to Host Payment,” terangnya.

Tidak itu saja, dengan adanya sistem tersebut juga akan memudahkan UPR dalam melakukan pemetaan mahasiswa. Artinya, antara mahasiswa yang aktif dan tidak aktif akan mudah terpantau, karena masing-masing mahasiswa akan memiliki VA sendiri.

Para pejabat UPR dan pihak perbankan yang jadi mitra kerja berfoto bersama usai penandatanganan naskah perjanjian kerja sama.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr H Suriansyah Murhaimi SH MH menambahkan, dengan sistem tersebut diharapkan dapat memberi kemudahan dalam pemanfaatan sistem layanan jasa perbankan yang cepat, nyaman, modern dan terpercaya.

“Dengan sistem ini, seluruh pembayaran melalui layanan VA dan Host to Host dapat langsung tercatat secara real time on line di sistem verifikasi UPR. Setidaknya, sistem ini dapat meminimalkan kesalahan manusia (human error),” sebutnya.

Diharapkan dengan sistem itu, pada 2019 UPR punya server yang bagus untuk dapat melaksanakan pembayaran secara Host to Host di semua Bank yang bermitra dengan UPR. (il/red)

Berita Terkait