UPR Sosialisasikan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Petugas UPR saat melaksanakan sosialisasi masuk Perguruan Tinggi tahun 2019 kepada siswa SMA di kabupaten wilayah Provinsi Kalteng, baru-baru ini

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) dalam beberapa hari belakangan gencar menyosialisasikan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) Tahun 2019. Sosialisasi dimaksud dilakukan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di kabupaten dan kota se-Kalteng.

Sejumlah petugas dari UPR yang yang terbagi dalam beberapa kelompok langsung menyambangi SMA, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sekolah sederajat lainnya di wilayah kabupaten/kota untuk melakukan sosialisasi.

Dalam sosialisasi ini disampaikan berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi sebelum mendaftar sebagai calon mahasiswa. Termasuk kebijakan pemerintah secara nasional melalui LembagaTes Masuk
Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa baru.

Data yang dihimpun uprjayaraya.com, sosialisasi SMPTN 2019 ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi (PT). Ini telah menjadi kebutuhan dan kebijakan nasional.

Sehingga diperlukan satu sistem tes berstandar nasional dalam kesatuan sistem pendidikan nasional untuk masuk perguruan tinggi. Perlunya pengembangan model dan proses seleksi calon mahasiswa baru masuk Perguruan Tinggi yang sesuai perkembangan teknologi informasi dan era digitalisasi serta tuntutan masyarakat.

Di samping itu, diperlukan model tes dan seleksi calon mahasiswa baru yang mengacu pada prinsip-prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien dan akuntabel.

Diperlukan pula instrumen andal, yakni yang mampu mengukur potensi dan kompetensi akademik peserta.(redaksi)

Berita Terkait