UPR Tuan Rumah Program BSN 2019

Kebersamaan belasan mahasiswa se-Pulau Borneo, saat melakukan pertemuan dengan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UPR Prof Dr Sulmin Gumiri PhD di Aula Rahan Rektorat UPR, Senin (24/6/2019).

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR), kembali dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan bertaraf internasional. Kali ini, kegiatan dimaksud adalah Program Borneo Studies Network (BSN), yang bertajuk Youth Leadership Global Discovery Programme.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof Dr Sulmin Gumiri PhD kepada uprjayaraya.com, Senin (24/6/2019), menuturkan, program tersebut merupakan program pelatihan mahasiswa universitas se-Pulau Borneo (Kalimantan), termasuk mahasiswa dari Brunei Darussalam dan Serawak, Malaysia.

“Program ini, latihan kepemimpinan anak-anak muda selama seminggu di UPR yang dipercaya sebagai tuan rumah pada 2019. Ini merupakan program kerja sama semua universitas di Pulau Borneo sejak tiga tahun lalu, dan tuan rumahnya bergiliran,” tandasnya.

Di samping itu, kegiatan tersebut dilakukan untuk menciptakan pemimpin masa depan dan memastikan pemimpin di Pulau Borneo masa mendatang sudah saling kenal sejak muda.

“Tujuannya, supaya kita bisa mengeksplorasi potensi di Pulau Borneo ini bersama-sama. Kan nanti dengan tersambungnya konektivitas kota-kota di pulau borneo, baik yang dari selatan sampai ke utara, yang paling penting pemimpinnya sudah sejak muda sudah saling kenal,” ungkap Sulmin.

Kegiatan itu dilaksanakan karena sebenarnya secara kultur penduduk di Pulau Borneo satu. Sehingga saling mengenal satu sama lainnya sangatlah penting.

Untuk diketahui, dalam kegiatan BSN tersebut dihadiri masing-masing dua perwakilan mahasiswa yang terdiri dari UPR, UNISKA, UNMUL, ULM, UBD, dan UNIBA. Sedangkan mahasiswa dari Serawak, Malaysia, tidak dapat hadir dalam kegiatan itu. (il/red) 

Berita Terkait