Website Pendaftaran KKN Wajib Dimiliki Universitas

Kepala LPPM UPR Dr Ir Aswin Usup MSc

PALANGKA RAYA – Hingga saat ini ada sebanyak 1.119 mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) yang sudah mendaftar untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Diperkirakan, pada tahun 2019 ini jumlah mahasiswa UPR yang sudah memenuhi syarat untuk bisa mengikuti KKN mencapai sebanyak 1.500 orang.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPR Dr Ir Aswin Usup MSc mengatakan, sekarang ini pendaftaran calon peserta KKN dilayani menggunakan sistem online. Pihaknya sudah menyiapkan website khusus untuk keperluan dimaksud.

“Sistem ini adalah wadah pendaftaran mahasiswa sebelum mengikuti KKN,” jelas Aswin Usup pada Lounching Website e-KKN Tematik UPR Periode I Tahun 2019, Senin (4/3/2019).

Dipaparkan, e-KKN adalah kewajiban sebuah universitas agar setara dengan universitas lainnya. Dengan menggunakan sistem ini, maka waktu dan lokasi peserta jelas dan valid serta tidak bisa berubah-ubah.

“Kalau ada pihak yang sengaja merubahnya, pasti akan ketahuan. Karena sistem yang akan bekerja,” ungkapnya.

KKN mahasiswa UPR tahun 2019 ini mengambil beberapa tema. Di antaranya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pemanfaatan website, berbasis revolusi mental yakni handep hapakat (gotong royong), pembukaan lahan tanpa bakar, serta pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Waktu pelaksanaannya selama tiga bulan, terdiri atas dua bulan di desa dan satu bulan di kampus UPR. Dengan KKN ini diharapkan mahasiswa betul-betul menjadi penggerak masyarakat di lokasinya melaksanakan KKN,” kata Aswin Usup.(redaksi)

Berita Terkait