Sejumlah Mahasiswa Akan Berkuliah Satu Semester di luar UPR

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Universitas Palangka Raya (UPR) mengirim sejumlah mahasiswa/i untuk bisa berkuliah di Perguruan Tinggi dan Universitas diluar UPR. Diketahui, ada 14 mahasiswa terpilih dari berbagai fakultas yang akan berangkat.

Itulah yang dijelaskan Prof. Dr. Salampak Dohong, MS., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik yang dibincangi saat pelepasan sejumlah mahasiswa tersebut di gedung PPIIG pada Selasa (09/08/2022) pagi.

“Ini dalam rangka program pertukaran mahasiswa merdeka, jadi pertukaran pelajar mengambil mata kuliah 20 SKS di prodi atau universitas di luar UPR,” ungkapnya.

Mahasiswa yang dikirim tersebut akan menghabiskan masa perkuliahan satu semester atau enam bulan, berkuliah di kampus yang telah ditentukan.

Biaya selama mahasiswa tersebut menempuh perkuliahan di luar UPR, merupakan tanggungan negara.

“Dan mereka dibiayai oleh pemerintah. Pesan saya, mahasiswa UPR yang akan berangkat ini dapat membawa nama baik almamater dan bisa memaksimalkan sebaik mungkin kesempatan ini dalam mengembangkan pengetahuannya, kompetensinya, jejaring pertemanan dan lainnya. Kemudian yang utama jaga kesehatan selama di tempat orang, sehingga setelah selesai berkuliah, dapat balik kembali ke UPR dengan ilmu dan dalam keadaan sehat,” katanya.

Rektor UPR Dr Andrie Elia menyampaikan beberapa pesan kepada para mahasiswa tersebut.

“Pesan saya kepada anak-anak ku mahasiswa ini, keberangkatan kalian sudah tentu membawa nama UPR. Selalu ingat untuk secara benar-benar untuk belajar di kampus orang, serap ilmu sebanyak mungkin untuk menambah kompetensi. Kalian akan menemui berbagai perbedaan dan keragaman. Selain pengetahuan, belajar juga bagaimana cara bertoleransi, saling menghargai, belajar berkomunikasi dan belajar bagaimana bergaul dengan orang yang baru,” ujar Andrie Elia.

Pria yang telah membuktikan kinerjanya sebagai Rektor ini, juga menyampaikan Terima kasihnya kepada pemerintah, terlebih kepada Presiden dan Menteri Pendidikan, telah memberi banyak dukungan terhadap UPR. Mulai dari pembangunan gedung kuliah kembar, gedung PPIIG dan dana dukungan lainnya yang bertujuan untuk membangun UPR semakin baik. (Rul)

Berita Terkait