Terapkan Pembelajaran Metode Digital

Uprjayaraya.com
PALANGKA RAYA,
Dalam kegiatan WEBINAR Nasional KIHAJAR TIK TALKS dengan tema “Mamangun SDM Kalteng Unggul tuntang Berkah” Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia S.E.,MS.i. mengangkat tema Penerapan Digitalisasi Pembelajaran.

Dimana, Dr Andrie diminta menjadi narasumber dalam kegiatan yang secara nasional dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Tuah rumah. “Saya mengangkat topik Penerapan Digitalisasi Pembelajaran untuk Mempersiapkan Mahasiswa Kalimantan Tengah menjadi Generasi Unggul,” ungkap Andrie Elia dalam pesan WA, Rabu (04/11/2020).

Webiner yang digelar Rabu tersebut, Rektor hadir melalui Daring didampingi beberapa stafnya. Sementara dalam tangkapan layar, tampil Habib Ismail bin Yahya selaku plt. Gubernur Kalimantan Tengah dengan mengangkat topik Mamangun Sumber Daya Manusia (SDM) Kalteng Unggul tuntang Berkah.
“Dengan semangat berbagi demi keunggulan generasi muda. Bergerak Sehati Berbenah Sejiwa adalah makna dari kegiatan ini,” kata rektor.

Dijelaskan, Provinsi Kalimantan Tengah didaulat menjadi salah satu dari delapan daerah yang terpilih untuk menggelar kegiatan Webinar (Web Seminar) KIHAJAR TIK Talks 2020. “Acara ini diinisiasi oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

 

Rektor Universitas Palangka Raya Dr. Andrie Elia, S.E., MS.i

 

Kegiatan ini merupakan wujud apresiasi terhadap daerah yang berpartisipasi terbanyak dalam Kompetisi Nasional KIHAJAR STEM (Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics) Tahun 2020,” ucap Rektor.

Dalam materinya, rektor menegaskan bahwa ditengah Pandemi Covid-19, metode pembelajaran kini telah melalui media daring. Oleh karena itu, metode pembelajaran tentu akan berbeda, dimana saat ini bahan pembejajaran dapat dikelola dengan penuh inovasi dan kreatif sang pengajar. Oleh karena itu pentingnya pengetahuan digital.

Sementara itu, Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya yang secara resmi membuka kegiatan Webinar dari Ruang Rapat Kantor Gubernur, mendukung hal tersebut. Plt Gubernur mengingatkan bahwa pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan jaringan Internet seringkali memiliki banyak potensi distraksi, yang dapat membuat para siswa tidak fokus dan konsisten dalam mengikuti pembelajaran. “Tentunya hal ini menjadi perhatian dan evaluasi kita bersama agar pembelajaran secara virtual dapat dilaksanakan secara lebih optimal dan berkualitas. Oleh itu perlu adanya metode kepada guru, dosen dan tenaga pengajar, untuk melek digital. Lebih Inovatif, kreatif dan memanfaatkan teknologi digital dalam mengajar,” tandas Habib.

Webiner ini juga menghadirkan sejumlah narasumber ahli di bidangnya, antara lain Kepala Pusdatin Kemendikbud Muhammad Hasan Chabibie, Rektor Universitas Palangka Raya Andrie Elia, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Mofit Saptono, Praktisi Pendidikan dan CEO Ngampooz Muhammad Ainur Ronny, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) Ahli Utama Kemendikbud Soemarmo, Dewan Riset Daerah (DRD) Kalteng Burhannudin, dan Balai Telkom Kalteng Aryadi Gunawan. (rul)

Berita Terkait