Universitas Palangka Raya Dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jalin Kerjasama

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Unversitas Palangka Raya (UPR) dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menandatangani MoU dan PKS, bertempat di Aula Rahan, Lantai 2 Rektorat Universitas Palangka Raya, Kamis, 24 Nopember 2022.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S dan Ketua Umum Ikatan Aristek Indonesia, Ar. Georgius Budi Yulianto, IAI, AA.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Palangka Raya, Dr. Ir. Salampak, M.S menyampaikan bahwa saat ini Jurusan/Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya (UPR) sebagai satu-satunya Jurusan/Program Studi Arsitektur di Kalimantan Tengah berinisiatif untuk membuka/mendirikan Program Studi Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr).

Keberadaan PPAr pada Universitas Palangka Raya (UPR) ini bukan hanya untuk memfasilitasi lulusan/alumni Jurusan/Program Studi Arsitektur Universitas Palangka Raya (UPR) saja namun juga dapat memfasilitasi lulusan program studi arsitektur lainnya di Kalimantan maupun lulusan program studi arsitektur luar Kalimantan yang berdomisili dan bekerja di Kalimantan, serta stakeholder terkait bidang arsitektur serta keprofesian arsitek.

“Acara hari ini sangat penting sebagai langkah awal pendirian PPAr di UPR karena untuk menjamin kesinambungan antara pendidikan dengan dunia keprofesian maka Universitas Palangka Raya perlu melakukan kerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Nasional dalam wujud Memorandum of Understanding (MOU)/Nota Kesepahaman dan kerja sama antara Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalimantan Tengah dalam wujud Memorandum of Agreement (MOA)/Perjanjian Kerjasama (PKS)”, ujar Salampak dalam sambutannya.

Di dalam Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama (PKS) fokus utama dokumen tersebut berkaitan dengan Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr) di perguruan tinggi, yang secara rinci memuat: Kemitraan kerja dan belajar, yang berkaitan dengan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi; Kemitraan dalam penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Arsitek (untuk selanjutnya disebut PPAr) di lingkungan Perguruan Tinggi; Dalam kapasitasnya sebagai mitra kerja dan mitra belajar. (rul)

Berita Terkait