UPR Berencana Benahi Tata Kelola Organisasi

Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi.

 

PALANGKA RAYA – Pembenahan Universitas Palangka Raya (UPR) terus dilakukan. Setelah sebelumnya dilakukan pembenahan sarana, dan prasarana, serta sumber daya manusia, perguruan tinggi tertua di Kalimantan Tengah itu, berencana membenahi tata kelola organisasi.

Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi mengaku, berencana menata kembali organisasi kerja di lingkungan UPR. Pasalnya ada beberapa Biro yang harus disesuaikan dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Contoh, di Kemenristekdikti itu ada Biro yang secara khusus menangani perncanaan, dan hukum. Itu tentu akan kita sesuaikan,” ungkap Andrie, Senin (31/12/2018).

Dijelaskan, tata kelola organisasi, tentu akan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Karena penanganan bisa dilakukan secara khusus. Jadi seseorang tidak memegang pekerjaan berbagai macam. Dia akan fokus terhadap sebuah pekerjaan.

Apalagi, lanjut Andrie, pegawai UPR sudah dilakukan assessment. Itu akan sangat penting, untuk menempatkan seseorang sesuai kompetensi yang dimiliki. Dengan begitu, pengembangan UPR akan bisa berjalan maksimal.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Hukum, Organisasi, Sumber Daya Manusia, dan Kemahasiswaan UPR Prof Suandi Sidauruk mengakui, ada yang salah dalam tata kelola organisasi di UPR.

“Saya kira ada yang salah dalam tata kelola organisasi kita. Itu terlihat dari lambannya kinerja pegawai. Padahal rektor sudah memerintahkan kita untuk bergerak cepat mengembangkan UPR,” tegas Sidauruk.

Persoalan itu, jelasnya, akan segera dibenahi. Karena itu, akan ada penataan kembali organiasi perangkat kerja di lingkungan UPR. Hasil assessment akan menjadi acuan penempatan seseorang pada jabatan, setelah dilakukan penataan ulang.(redaksi)

Berita Terkait