UPR Gelar Sosialisasi Terkait Netralitas ASN

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Universitas Palangka Raya menggelar sosialisasi terkait Netralitas ASN dalam menghadapi pemilu serentak Tahun 2024.

Kegiatan dilaksanakan di lecture room B, Gedung PPIIG Universitas Palangka Raya, dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) dengan dihadiri oleh Pimpinan Rektorat, Pimpinan Dekanat, Kepala SPI, Kepala Biro, Dosen dan Tenaga Pendidik. Kegiatan sosialisasi menghadirkan 2 orang narasumber secara online, Rolly Rochmad Purnomo (Asisten Komisioner KASN) dan Muhammad Dewantara Latippa (Bagian Penyusunan Rencana Pengawasan KASN).

Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Salampak dalam sambutannya menyampaikan bahwa ASN sebagai pelayan masyarakat dan pelaksana jalannya pemerintahan tidak lepas dari sorotan publik, maka dari itu ASN harus bebas dari segala bentuk pengaruh dan termasuk tidak memihak dalam kepentingan pemilu.

“Kegiatan ini sangat penting dalam upaya mewujudkan birokrasi yang netral serta SDM ASN yang bisa mendukung semua agenda pemerintah, termasuk pemilihan umum yang nanti akan digelar pada tahun 2024,” ucapnya.

Ditambahkan bahwa ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang No.5 Tahun 2014 tentang ASN, dimana dalam UU tersebut termaktub bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan pengurus partai politik.

“Terlebih lagi sebagai pengurus partai politik, itu sangat bertentangan dengan aturan ASN. Oleh itu, melalui kegiatan ini, kami kembali menyampaikan bahwa bila ASN harus bersikap netral dalam Pilkada,” ucapnya.

Ditegaskannya, bila ada oknum ASN, khususnya di dalam badan UPR menjadi pengurus partai, dihimbau untuk segera berhenti dan melaksanakan aturan ASN secara benar. (Rul)

Berita Terkait