UPR Membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Reformasi Birokrasi merupakan sebuah kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam rangka memastikan terciptanya perbaikan tata kelola pemerintahan, termasuk tata kelola sebuah institusi pendidikan.
Bagi Universitas Palangka Raya (UPR) mewujudkan tata kelola yang baik adalah prasyarat utama menuju UPR Jaya Raya yang selama ini diperjuangkan oleh seluruh Civitas Akademika.

Dengan terbentuknya Zona Integritas (ZI) di kampus UPR kini UPR bergerak maju dengan mencanangkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasih Bersih Melayani (WBBM).

“Universitas Palangka Raya sebagai sebuah institusi pendidikan Negeri terbesar dan tertua di Kalimantan Tengah memiliki komitmen terhadap penyelenggaraan birokrasi yang bersih, akuntabel, dan kapabel, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, profesional, serta bersih dari praktek Korupsi, Kolusi, Nepotisme,” ungkap Rektor UPR Dr Andrie Elia S.E.,MS.i saat kegiatan pencanangan ZI  yang gelar di Aula Rektorat UPR pada Rabu (02/11/2020).

Dijelaskan bahwa Pemerintah telah menjalankan program reformasi birokrasi nasional sejak tahun 2010. Saat ini Reformasi Birokrasi telah masuk ketahap ketiga atau terakhir dari Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional.

Dengan harapan dari Reformasi Birokrasi akan terciptanya pemerintahan bersih, akuntabel, dan kapabel, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, profesional, serta bersih dari praktek Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN).

“UPR sendiri juga telah merealisasikan hal tersebut dengan membangun Zona Integritas (ZI) sesuai surat Dirjen Dikti beberapa waktu lalu tentang pembangunan ZI dilikungan PTN dan LLDIKTI,” ujarnya.

Dilanjutkannya bahwa ZI merupakan strategi percepatan Reformasi Birokrasi dengan melalui pembangunan unit kerja pelayanan percontohan yang bebas dari korupsi dan pelayanan yang prima.

Sedangkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

“Universitas Palangka Raya  memiliki komitmen menuju WBK dan WBBM dalam menjalankan reformasi birokrasi dilingkungan kampus UPR, ” tegasnya.

UPR kemudian memutuskan dan menetapkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Teknik (FT) sebagai kandidat pembangunan Zona integritas untuk mendapatkan predikat WBK/WBBM yang akan diajukan ke Kementerian. (Rul)

Berita Terkait